IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS 4 SDN BANTARGEBANG V KOTA BEKASI
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe tgt, melalui model penelitian "kurt lewin" dengan 4 tahapan dalam 2 siklus. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang datanya dianalisis melalui teknik analisis data kuantitatif, tepatnya menggunakan rumus untuk mencari rata-rata hasil belajar siswa pada aplikasi Microsoft Excel atau biasa dikenal dengan rumus "rata-rata" Sesuai dengan judul artikel penulis, disini penulis mencari hasil belajar siswa kelas 4 SDN Bantargebang V melalui media LKPD, PowerPoint, video animasi, dan situs web Wordwall dengan fitur "WordSearch" Pengamatan hasil belajar siswa di kelas 4 dilihat dari nilai individu dan kelompok. Alasan penulis menggunakan media dan metode di atas adalah karena pembelajaran tidak monoton dan lebih efektif
Referensi
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2016). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. IO
Publisher.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN . FITRAH Jurnal Kajian
Ilmu-ilmu Keislaman .
Roihah, Marli, S., & Rosnita. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENERAPKAN
MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS IV SD PONTIANAK TENGGARA.
Media neliti, 1-2.
Sari, S. P., Aprilia, S., & Khalifatussadiah. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A
MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Educational
Journal of Elementary School.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.
Ujeng, Husain, N., & Paudi, R. I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan
Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako .
Widayati, A. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JURNAL PENDIDIKAN
AKUNTANSI INDONESIA.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##