Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat

  • Hami Faqihah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lily Sosiowati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Naufal Zainul Haq Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Keaktifan, PTK

Abstrak

Penggunaan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMPN 2 Karawang Barat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Karawang Barat dalam mata pelajaran PAI. Metode Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan kerja sama dan ketergantungan positif di antara anggota kelompok. Dalam penelitian ini, penulis mengadakan penelitian mengenai penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di SMPN 2 Karawang Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI.

Referensi

Arikunto, S. & J. C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta ; Bumi Aksara.

Elia silabana. (2019). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two stray untuk

meningkatkan aktifitas pelajaran matematika ( PTK pada siswa IVC SD Negri 01 Kota

bengkulu ). 18(no 1).

Febryan Edwin Nur Ramadhan dan Wardan Suyanto. (2019). Implementasi Metode

Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar

teknologi dasar otomotif siswa kelas X TKRB SMKN 1 SEDAYU.

Khairatun Nisa. (2021). penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk

meningkatkan hasil belajar Fiqh di MTSN 1 BLANGKEJEREN.

MELIKHATUN. (2016). impelemntasi metode Two Stay Two Stray untuk meningkatkan

keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas x-3 di SMA Muhamadiyah

Mutilan kabupaten magelang.

Nurulanningsih, M. P. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SEBAGAI

PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INDONESIA.

Rofiqoh. (2020). Model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran matematika sekolah

dasar.

Tri aulia, Titin, & Eko Sri Wahyuni. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan

model kooperatif tipe Teams Assisted Individualization dikelas VII Mts Al- Muhajirin

Rasau Jaya. 4.

TRI HANDAYANI. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE

TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN

PELUANG PISAU.

Tri Purnomo Aji, & Siti Sri Wulandari. (2021). Copyright © 2021, Journal of Ofice

Administration: Education and Practice E-ISSN 2797-1139 340 Analisis Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar

Siswa.

Diterbitkan
2024-06-30