Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran PAI Dengan Metode Kooperatif Tipe TGT (teams games tournament)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pemanfaatan dan keberhasilan model pembelajaran cooperative tipe TGT ( Teams Games Tournament ) dengan media quiz sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Karawang dengan subyek penelitian siswa kelas XI.8 yang berjumlah 30 murid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),menggunakan model Kurt Lewin,dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) obsevasi (observating), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar PAI siswa pada siklus I yaitu 86% siswa yang tuntas dengan dengan rata rata kelas 80,meningkat pada siklus II mencapai 99% siswa yang tuntas dengan rata rata kelas 90. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media quiz interajtif dapat meningkatan konsentrasi hasil belajar PAI.
Referensi
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media, 89.
Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(teams games tournamen) untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa sisikologi.
http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Hajriyanto, H., & Rahayu, D. V. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan
Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. 4(1), 115–124.
Ida Meutiawati. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27.
https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–
https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Muhammad Anugrah. (2019). penelitian tindakan kelas. leutikkaprio.
Musci, M. C. (2018). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK
MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA
PELAJARAN PAI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BULUPODDO KABUPATEN
SINJAI. 145.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S.
(2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.
Robiatussadiyah, D., Dyas Fitriani, A., & Kosasih, A. (2023). PEDADIDAKTIKA: JURNAL
ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games
Tournament (TGT). All Rights Reserved, 10(3), 424–433.
http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Sitti Ratna Dewi, Arifin, H. R. F. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW
PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN
KABUPATEN MUNA. Al-Ta’dib, 1–21.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##