Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran PAI Dengan Metode Kooperatif Tipe TGT (teams games tournament)

  • Lulu Nur Labibah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mimi Nur Indah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mohammad Hisyam Erlangga Pata Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: konsentrasi, teams games tournament

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pemanfaatan dan keberhasilan model pembelajaran cooperative tipe TGT ( Teams Games Tournament ) dengan media quiz sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Karawang dengan subyek penelitian siswa kelas XI.8 yang berjumlah 30 murid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),menggunakan model Kurt Lewin,dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) obsevasi (observating), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar PAI siswa pada siklus I yaitu 86% siswa yang tuntas dengan dengan rata rata kelas 80,meningkat pada siklus II mencapai 99% siswa yang tuntas dengan rata rata kelas 90. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan media quiz interajtif dapat meningkatan konsentrasi hasil belajar PAI.  

Referensi

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media, 89.

Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(teams games tournamen) untuk

meningkatkan prestasi belajar siswa sisikologi.

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Hajriyanto, H., & Rahayu, D. V. (2023). Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan

Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah. 4(1), 115–124.

Ida Meutiawati. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27.

https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–

https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Muhammad Anugrah. (2019). penelitian tindakan kelas. leutikkaprio.

Musci, M. C. (2018). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA

PELAJARAN PAI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BULUPODDO KABUPATEN

SINJAI. 145.

Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S.

(2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.

Robiatussadiyah, D., Dyas Fitriani, A., & Kosasih, A. (2023). PEDADIDAKTIKA: JURNAL

ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games

Tournament (TGT). All Rights Reserved, 10(3), 424–433.

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Sitti Ratna Dewi, Arifin, H. R. F. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW

PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 WAKORUMBA SELATAN

KABUPATEN MUNA. Al-Ta’dib, 1–21.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles