Pengaruh Kedisiplinan Belajar, Regulasi Diri Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mts Wachid Hasyim Surabaya

  • Lely Maharani universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: disiplin belajar, regulasi diri, kecerdasan spiritual, prestasi belajar

Abstrak

Abstrak. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kedisiplinan belajar, regulasi diri dan kecerdasan spiritual. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kedisiplinan belajar, regulasi diri dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa di MTs Wachid Hasyim Surabaya. Penelitian ini akan melibatkan analisis data kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dengan fokus pada kedisiplinan belajar, regulasi diri dan kecerdasan spiritual yang melibatkan 57 siswa kelas tujuh. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar mempunyai dampak positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di MTs Wachid Hasyim Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat disiplin belajar yang tinggi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik. Selain itu, regulasi diri dan kecerdasan spiritual juga ditemukan memiliki peran penting dengan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Siswa yang mampu mengatur diri, termasuk dalam merencanakan waktu dan strategi pembelajaran, lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan akademis. Dengan kedisiplinan belajar, regulasi diri yang mendukung pembelajaran dan kontribusi positif dari kecerdasan spiritual diharapkan hasil belajar siswa akan lebih meningkat.

Referensi

Afrianti, A., & Imamuddin, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 131.

https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6013

Arifin, S., & Kurniawan, Y. (2022). The Influence of Student Organizational Activities and Learning Discipline on

Learning Outcomes.

Aripin, S. N. H., Yahya, S. A., Deraman, S., & Raop, N. A. (2021). Kecerdasan Spiritual Dan Kesihatan Mental Remaja. Jurnal’Ulwan, 6(1), 144–154.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles