Integrasi Nilai Filsafat dalam Pendidikan Multikultural: Membangun Identitas yang Inklusif di Kalangan Peserta Didik
Abstrak
Nilai-nilai filsafat dalam kehidupan dunia pendidikan tidak bisa dipisahkan. Filsafat pendidikan memiliki kontribusi signifikan dalam merumuskan nilai-nilai universal seperti keadilan, kebebasan, toleransi, dan solidaritas, yang sangat relevan dalam pengembangan pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana konsep-konsep filsafat dapat diterapkan dalam pendidikan multikultural serta implikasinya terhadap pembentukan identitas inklusif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai filsafat dalam pendidikan di SMP Negeri 1 Sukapura dilakukan melalui model pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan peran guru Pendidikan Agama Islam.
Referensi
Aprilita Hajar, -, Noor Hamid, -, Abdul Haris, -, & Rosichin Mansur, -. (2023). Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural. An-Nur: Jurnal Studi Islam, 15(2), Article 2.
Asror, M. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 42–53. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.26
Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Article 1.
Khomsinnudin, K., Pangeran, G. B., Tamyiz, A., Wulandari, C. E., & Firdaus, F. A. (2024). Modernitas dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan. Journal of Education Research, 5(4), Article 4.
Lusiana, & Firdaus, W. A. (2024). Tantangan dan peluang multikulturalisme Dalam pendidikan islam. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(2), Article 2.
Mas’udi, T. (2021). PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI BERBASIS MULTIKULTURAL. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3639
Miswanto, Apriani, Maulana, W., & Insaniyah, S. A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Humanis Dalam Kurikulum Pendidikan Multikultural: Tantangan Dan Peluang. ARRIYADHAH, 20(2), Article 2.
Mursalin, H., Mu’ti, A., & Amirrachman, R. A. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islam. Rayah Al-Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.1068
Pratama, R., Sumantri, S. H., & Widodo, P. (2023). The Role Of Teachers In Implementing Multicultural Education At Taruna Nusantara High School To Enhance Social Resilience. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i1.580
Zubaidi, A. (2024). MULTICULTURAL INSIGHT IN PROMOTING TOLERANCE MOVEMENT; LESSON LEARNED FROM ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN THE RURAL SIDE. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v11i1.7537
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##