Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Nahdlatul Ulama Karawang

  • Silvi Ana Raj Silvi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yadi Ilham Arifudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafi Dwi Gustian Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan agama islam

Abstrak

Kurikulum berperan penting dalam menentukan arah, isi, dan proses pendidikan, sehingga penyusunan kurikulum harus dilakukan dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek yang relevan. Pendidikan Agama Islam pada definisi yang sebenarnya bisa dikatakan sebagai suatu sistem pendidikan yang dapat menunjukan kehidupan manusia sesuai dengan ideologi Islam, sehingga dapat memperoleh kedamaian hingga kesejahteraan selama hidupnya. Sekolah Nahdlatul Ulama adalah lembaga pendidikan yang didirikan oleh organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Sekolah Nahdlatul Ulama merupakan lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU). Sekolah ini bertujuan untuk mendidik generasi muda dengan nilai-nilai ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang dianut oleh NU.

Referensi

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 31.

Bahri, S. (2011). PENGEMBANGAN KURIKULUM DASAR DAN TUJUANNYA.JURNAL ILMIAH ISLAM FUTURA.

Faisol, M. (2023, September 21). SD NU Bangilan Pasuruan, Berkarakter Aswaja Konsep KurikulumMerdeka. Diambil kembali dari NUOnline.

Hamalik, O. (2008). PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jakarta: Bumi Aksara.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Muhammad Al-Fatih, A. F. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 421-427.

Rosmana, P. d. (2022). Urgensi Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa.

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.

Utomo, S. T. (2020). Inovasi Kurikulum dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal JRTIE, 312.

Windariyah, D. S. (2018). KEBERTAHANAN METODE HAFALAN DALAM

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 104.

Diterbitkan
2024-06-06
Bagian
Articles