Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN Ciptamargi 2 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)

  • Anisa Nurul Latifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adilla Putri Ananda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ida Nurhamidah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Ihsan Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Meningkatkan Keaktifan, PAI, Turnamen Permainan Tim (TGT)

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh terbatasnya keterlibatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran PAI. Permasalahan ini didasarkan pada data utama yang diperoleh selama observasi awal yaitu wawancara guru mata pelajaran PAI di SDN Ciptamarg. Penelitian ini berfokus pada pengamalan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran pada topik pelajaran PAI. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ciptamarg 2 berjumlah 24 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan pada dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian setiap siklusnya menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Dalam penelitian ini, keaktifan peserta didik meningkat. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 62,5% dan pada siklus II 79,16%. Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perolehan pengamalan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik topik pelajaran PAI materi Khulafaur Rasyidin kelas V SDN Ciptamarg 2. Meningkatkan Keaktifan, PAI, Teams Games Tournament (TGT).

Referensi

Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Persamaan linear dua variabel dengan pembelajaran kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0AEISSN: 2502-471X%0ADOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Team Games Tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1), 45–53.

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media, 89.

Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sisikologi. Diakses dari: http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles