Pengaruh Lingkungan Madrasah, Waktu Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA As-Sa’adah lampah Kedamean Gresik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan madrasah, waktu belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa MA As-Sa'adah Lampah Kedamean Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 155 siswa MA As-Sa'adah Lampah Kedamean Gresik, dan sampel yang diambil sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan madrasah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Fasilitas fisik, lingkungan belajar, interaksi sosial, dan dukungan pendidik di madrasah memainkan peran penting dalam menentukan prestasi akademik siswa. Waktu belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Waktu belajar yang optimal membantu siswa dalam memahami materi, menguasai keterampilan, dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh. Selain itu, lingkungan keluarga juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Interaksi, nilai-nilai, dan dukungan yang diberikan oleh keluarga membentuk landasan bagi sikap, motivasi, dan kesiapan belajar siswa. Secara simultan, lingkungan madrasah, waktu belajar, dan lingkungan keluarga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variasi hasil belajar siswa MA As-Sa'adah Lampah Kedamean Gresik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pihak madrasah, guru, dan orang tua untuk meningkatkan kualitas lingkungan belajar, manajemen waktu belajar, dan keterlibatan keluarga dalam mendukung keberhasilan akademik siswa.
Referensi
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal PILAR, 14(1), 15-31.
Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aurum, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar bagi Prestasi Belajar Kimia melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1835–1843.
Awi, M. V., Mewengkang, N., & Golung, A. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
Darmanto, D., Putra, A. R., & Mardikaningsih, R. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.
Darmawan, D., Issalillah, F., Retnowati, E., & Mataputun, D. R. (2021). Peranan Lingkungan Madrasah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##