Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Dan Rofesionalisme Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Yayasan Tanbihul Ghofilin Al Mustofa Sidoraharjo Kedamean

  • M.Abdul Rosyid Musthofa universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: Kepemimpinan Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Guru

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan profesionalisme guru terhadap motivasi kerja guru di Yayasan Tanbihul Ghofilin Al Mustofa, Sidoraharjo, Kedamean. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional, penelitian ini mengumpulkan data melalui survei yang ditujukan kepada para guru di yayasan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, kondisi kerja yang kondusif, dan profesionalisme yang tinggi secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan motivasi guru. Kepemimpinan yang kuat membentuk budaya positif, sedangkan lingkungan kerja yang mendukung dan dedikasi terhadap profesionalisme semakin memotivasi pendidik untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mendukung perkembangan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan faktor-faktor tersebut dalam institusi pendidikan dapat berdampak positif pada kinerja guru dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas pendidikan.

Referensi

Andayani, D., & Darmawan, D. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(2), 14-23.

Baliartati, B. O. (2016). Pengaruh organizational support terhadap job satisfaction tenaga edukatif tetap fakultas ekonomi dan bisnis universitas trisakti. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 9(1), 35-52.

Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 46-57.

Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 173-182.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(1), 150-159.

Diana, M. R. (2022). Pengaruh Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dini, A. (2019). Supervisi Kepala Madrasah: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah (Vol. 1).

Rojak, J. A., & Munir, M. (2023). The Relationship Between Leadership Styles and Human Resource Management Practices. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(2), 1–5.

Saraswati, R., Mardikaningsih, R., & Baskoro, T. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar. Bumi Aksara, Jakarta.

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.

Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030: Menjawab Tantangan serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Penerbit Genesis.

Sawan, F., Nurhattati, M. P., & Karnati, N. (2021). Knowledge Sharing: Strategi Penguatan Perilaku Berbagi Pengetahuan Guru dalam Perspektif Servant Leadership. Nas Media Pustaka.

Simarmata, R. H. (2020). Upaya peningkatan motivasi kerja guru sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 654-660.

Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru. Inti Presindo Pustaka, Bandung.

Soetari, E., Akbar, G. G., & Ismawati, I. (2021). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. Khazanah Akademia, 5(1), 15-20.

Suhentin, S. (2023). Interaksi Sosial Keagamaan Penyandang Tunadaksa di Komplek Sitanala dengan Masyarakat Kelurahan Karang Sari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Banten. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Sumiati, S., & Triposa, R. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik dalam Perspektif Alkitab. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 69-84.

Supriadi, O. (2009). Pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar. Jurnal Tabularasa, 6(1), 27-38.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Kencana, Bumi Grafindo.

Sutrisno, B., & Lestari, D. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Faktor Penentu Motivasi Guru. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 47-58.

Taufik, H. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 111-120.

Utami, W. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Guru. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3(1), 80-95.

Wibowo, Y., & Sari, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Profesionalisme terhadap Motivasi Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 160-174.

Yuliani, F. (2022). Profesionalisme Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(3), 220-234.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles