Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di UPT SD Negeri 224 Gresik

  • Rihatul Jannah universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati universitas Sunan Giri Surabaya
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT SD Negeri 224 Gresik dan dampaknya terhadap pengembangan kreativitas peserta didik. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi siswa untuk belajar sesuai gaya dan tingkat kemampuan masing-masing. Melalui pendekatan diferensiasi yang mengacu pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), penelitian ini menemukan bahwa penerapan kurikulum merdeka mendukung pengembangan keterampilan kreatif yang mencakup berpikir kritis, inovatif, serta pemecahan masalah. Implementasi kurikulum ini tidak hanya meningkatkan kreativitas siswa tetapi juga berkontribusi pada keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, memberikan ruang bagi pengembangan minat dan bakat peserta didik.

Referensi

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Sira Anak Saleh.

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Ahmad Rifa’i et al. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8).

Ana Widyastuti. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Kompas, Gramedia.

Andayani, D., & Majid, A. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Pengembangan kompetensi dan pendidikan berkelanjutan pustakawan PTAIN: Studi kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 1-14.

Baba, M. A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makasar: Penerbit Aksara Timur.

Dwiastuti, R. (2017). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian: Dilengkapi Pengenalan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Kuantitatif-kualitatif. Universitas Brawijaya Press.

Fachruddin, F. (2017). Pengembangan Daya Kreatif Melalui Dunia Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2).

Faiz, A. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Handayani, A. (2023). Penggunaan Mind Mapping Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts. Saadatul Mahabbah. Pamulang: Institut PTIQ Jakarta.

Husen, M. Y. (2020). Belajar aktual dengan snowball throwing teaching. CV Jejak.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242-252.

Kasman, K., & Lubis, S. K. (2022). Teachers’ Performance Evaluation Instrument Designs in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan, 8(3), 760–775.

Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta.

Lestari, A. D. (2017). Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Anak di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(6), 646-654.

Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur.

Moleong, L. J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, M. (2021). Pemikiran dan aktualisasi pengembangan pendidikan Islam. Rajawali Press.

Mulia, A. S. (2014). Mengungkap pemahaman tentang akuntansi dari kecerdasan emosional, spiritual dan sosial mahasiswa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(3), 441-456.

Musyadad, V. F., et al. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.

Nugroho, S. F. (2024). Manusia dan Relasi Kuasa dalam Pandangan Michel Foucault. Filsafat Manusia.

Sastriyani, S. (2018). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital. Shautut Tarbiyah, 24(1), 145-162.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles