Peran Keluarga Dan Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Perspektif Teori Maslow
Abstrak
Problematika mengenai pendidikan karakter masih menjadi permasalahan serius yang harus ditangani. Terbukti dengan banyaknya kasus perundungan, kriminalitas, perkelahian, dan lainnya. Oleh karenanya, keluarga dan madrasah harus saling bekerja sama dan bersinergi dalam upaya membentuk karakter. Dengan terpenuhinya kebutuhan peserta didik, dapat menunjang terbentuknya generasi yang berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam peran keluarga dan madrasah di MI Muhammadiyah Dolopo Madiun. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data-nya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan peserta didik oleh keluarga dan madrasah dapat membentuk karakter jujur, disipilin, saling menghargai dan saling menghormati, peduli sesama, tekun, ulet, tanggungjawab, percaya diri, mandiri. Peran keduanya ini dilakukan melalui kerjasama komite dan paguyuban wali murid dalam bentuk dukungan moral dan finansial. Penelitian ini mengungkapkan bahwa madrasah dan keluarga terbukti saling bersinergi membentuk karakter peserta didik melalui pemenuhan kebutuhan fisik, rasa aman, rasa memiliki dan cinta, kebutuhan penghargaan diri dan aktualisasi diri.
Referensi
Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97.
Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas 1 SDN Cinanggung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2456–2472.
Ashidiq, K. (2019). Perilaku Agresif Siswa SMP: Studi Kasus Pada 2 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 135–153.
Asrofi, M. (2021). Hukuman Dalam Pendidikan Islam: Studi Atas Dampak Psikologis Anak Usia Dasar Dan Citra Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14 (2).
Atin, S., Hidayat, N., Wibowo, Y. R., Romadhon, K., & Irfan. (2024). Pembentukan Karakter Anak dalam Lingkungan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 15(01), 29–40.
Atin, S., Saadah, M., Ultavia, A., Purba, W. N. Z., & Ningsih, E. P. (2023). Studi Systematic Literatur Review Tentang Peran Komite Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 8(1).
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Dewi, R., & Marwan, M. (2019). Pengaruh Faktor Fisiologis, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAN 2 Painan. Jurnal Ecogen, 2(4), 696-705.
Fitriyati, I., & Maemonah, M. (2022). Implementasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Ibtidaiyah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 111.
Irwan, I., Agus, J., & Saputra, J. (2022). Penanaman Sikap Tanggung Jawab dan Kepedulian melalui Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9264–9273.
Khoiriyah, K., Herwati, H., & Ni’mah, M. (2023). Pendidikan Akhlak yang Terkandung dalam Buku “Yang Hilang dari Kita: Akhlak” Karya Muhammad Quraish Shihab. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 76–89.
Kurniawati, U. M., & Maemonah, M. (2021). Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dasar: Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 6. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51.
La Jeti, Edison, Amsaifil, Ida Mayasari, & Laila Lamadi. (2022). Program Edu Parenting Dalam Mewujudkan Keterlibatan Keluarga Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4475–4484.
Lastiana, V., & Mayra, Z. (2024). Penyiapan Menu Makanan Bergizi Seimbang dan Pembiasaan Pola Hidup Sehat di TK Islam Al Iman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11841–11858.
Lestari, D. B., & Ain, S. Q. (2023). Classroom Teachers’ Strategy In Building Character Value For Elementary Students In Siak District. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12.
Lubis, N. (2021). Peran Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV. Journal Of IslamicPrimary Education, 1(1).
Mahrus, M., & Z, I. (2020). Implikasi Teori Humanistik dan Kecerdasan Ganda dalam Desain Pembelajaran PAI. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 74–91.
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7.
Rohmah, A. N., & Amar, A. (2020). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Penyelenggara Pendidikan. IBTIDA’, 1(2), 151–170.
Salfadilah, F., Amanabella, M., Setiawan, E., Rizky, V. B., & Wibowo, Y. R. (2024). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 11–17.
Samadhinata, I. M. D. (2022). Efektifitas Sistem Pendidikan Dalam Mempengaruhi Terwujudnya Generasi Emas 2045. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(1), 19–26.
Shepard Sall, H. (2007). Character Education; Transforming Values into Virtue (2nd ed.). New York: niversity Press Of America.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177–193.
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wibowo, Y. R. (2023). Strategi dalam Menumbuhkan Karakter Percaya Diri Melalui Al-Qur’an dan Kisah Sahabat Nabi (PhD Thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Wibowo, Y. R., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113–132.
Wibowo, Y. R., Hidayat, N., & Salfadilah, F. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5601–5618.
Zebua, T. G. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Matematika. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##