Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19
Abstrak
Pembelajaran dalam ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mentransformasikan siswa menjadi agen sosial yang memiliki kecerdasan sosial.Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan ide pembelajaran IPS di masa pandemi dengan pendekatan hetagogi. Penelitian ini didasarkan pada tinjauan literatur. Peneliti menganalisis dan membandingkan berbagai buku dan artikel yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Hasil analisis dan perbandingan akan tercermin dalam karya ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan hetagogis merupakan pendekatan pembelajaran melengkapi pendekatan pedagogi dan pendekatan andragogis. Pendekatan hetagogis memberikan kebebasan kepada siswa untuk membentuk pembelajarannya. Pendekatan hetagogis sejalan dengan pembelajaran IPS yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat. Oleh karena artikel ini hanya sebatas tinjauan pustaka, maka disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan kajian kualitatif dan kuantitatif untuk menguji sejauh mana pengaruh pendekatan hetagogik terhadap pembelajaran IPS.
Referensi
Agung, I. G. . (1992). Metode Penelitian Sosial (Pengertian dan Pemakaian Praktis). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Akob, B., & Wibowo, G. A. (2015). Pembelajaran Multikultural Pada Siswa SMP Sebagai Upayaa Meningkatkan Nasionalisme. Seuneubok Lada, 2(1), 34–52.
Barth, J. . (1990). Methods of Instruction in Social Science Education. New York: University Press of America.
Bashori, K. (2020). HEUTAGOGI. Retrieved August 31, 2021, from https://mediaindonesia.com/opini/309932/heutagogi Mei 2020
Birsyada, M. I. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis). Yogyakarta: Ombak.
Blaschke Lisa Marie. (2012). Heutagogy and Lifelong Learning: A Review of Heutagogical Practice and Self Determined Learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 13(1), 56–71.
Fajriyah, I., & Itaqullah, V. B. P. (2021). Analisis Pembelajaran IPS Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Artefak, 8(2).
Febiani, M., & Nisa, A. N. S. (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring
Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik Smp Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Harmony, 6(1), 72–79. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/41826
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71.
Indriati, E. (2005). Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kamrozzaman, N. A., Badusah, J., & Wan Mohammad, W. M. R. (2019). Heutagogy
Approach : Effectiveness of M-Learning For Lifelong Learning Education. Sains Humanika, 11(3), 53–61. https://doi.org/10.11113/sh.v11n3.1496
Kemedikbud. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Khoeriyah, M. (2019). Heutagogy in the Course of Pesantren Education (Case Study At
Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah). International Journal on Islamic Educational Research, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.14421/skijier.2019.2019.31.07
Nurfidia, A. (2016). Menumbuhkan Sikap Empati Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Model Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP 44 Bandung di Kelas VII A). International Journal Pdagogy of Social Studies, 1(1), 1–18.
Ridha, M. (2018). Heutagogi dan Arah Pendidikan 4.0 Kita. Retrieved August 17, 2021, from https://geotimes.id/opini/heutagogi-dan-arah-pendidikan-4-0-kita/
Riyadi, S. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Metakognisi Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Yogyakarta: Depublish.
Riyani, M. (2015). Pendidikan IPS Sebagai Katalisator Dalam Transformasi Pendidikan Di Indonesia (Penerapan Paradigma Sosialis pada IPS Sebagai Counter Attack Terhadap Kecenderungan Paradigma Materialisme). Ilmu Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Kependidikan, 2(1), 1–15.
Safitri, M. (2019). Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran IPS.
Sani, A. S., Turnip, S. S., Fausiah, F., Jagadhita, D. A., & Farassania, G. (2020). Gambaran Kondisi Psikologis Siswa di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis Berdasarkan Cara Pembelajaran dan Jenjang Pendidikan. In Ikatan Psikolog Klinis
Indonesia. Retrieved from https://ipkindonesia.or.id/media/2020/12/Gambaran-KondisiPsikologis-Siswa-di-Masa-Pandemi-15Des2020.pdf
Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru Di Era Revolusi
Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1222
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##