Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya guru dan pelatih untuk memahami perkembangan siswa, khususnya di sekolah dasar. Pendidikan merupakan unsur kunci dalam mengembangkan potensi siswa, dan keberhasilan program pendidikan sekolah formal dipengaruhi oleh siswa, dosen, kurikulum, sarana prasarana, dan lingkungan. Tenaga kependidikan harus mempunyai kesanggupan akademik, kesanggupan, dan latar belakang akademik, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai kemauan yang kuat. Studi ini memanfaatkan penelitian yang berfokus pada pembangunan. Model proses isi kursus, diskusi, dan informasi yang dikumpulkan oleh siswa, media cetak dan teknologi. Ada juga penekanan pada penelitian di perpustakaan dan penelitian di sekolah dasar. Hasil dan diskusi memperjelas pemahaman kita tentang pengembangan guru peserta pelatihan. Ini membantu guru memilih lingkungan belajar terbaik dan mengenal kepribadian siswanya dengan lebih baik. Memahami perkembangan siswa memiliki dua manfaat: Bagi para pendidik, buku ini memberikan gambaran umum tentang bagaimana seseorang atau individu berkembang sepanjang hidupnya dan faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan tersebut. Memberikan gambaran kepada siswa tentang proses pembelajaran di sekolah dasar. disesuaikan dengan tahap perkembangan anak.
Referensi
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.
Estari, A. W. (2020). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol.3, No. 3, pp. 1439-1444).
Hamuni, H., Idrus, M., & Aswati, M. (2022). Perkembangan peserta didik
Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk
Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.
Irwansyah, Dkk. (2021). Perkembangan Peserta Didik.
Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.
Magdalena, I. (2021). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).
Muhammad Idrus, Ms., & Dra Aswati, Mp. M. (2021). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.
Mulyani, Sumantri. 2014. Perkembangan peserta Didik. Tangerang: UT
Percut Sei Tuan, K., & Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, D. (2018). "Pentingnya Memahami Perkekmbangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sd It Ummi Darussalam Bandar Setia.
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.
Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.
Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##