Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran dan Motivasi Mengajar PAI di Era Kurikulum Merdeka di SDN Adiarsa Barat 4

  • Hasna Fadlilatul Maula universitas singaperbangsa karawang
  • Jamal Lullail Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hapid Hardiansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nina Namiroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Lesson Planning, Teaching Motivation, Student Progress Evaluation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam perencanaan pembelajaran dan motivasi mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Adiarsa Barat 4, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Melalui wawancara dengan guru Udjang Widjana S.Pd, penelitian ini mengungkapkan pentingnya perencanaan pembelajaran yang sistematis dan pendekatan yang sesuai dengan karakter siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Guru menekankan penggunaan metode pengajaran yang menarik, seperti bercerita, untuk meningkatkan perhatian siswa. Selain itu, evaluasi kemajuan siswa tidak hanya dilihat dari aspek akademis, tetapi juga dari akhlak dan perilaku mereka. Penelitian ini juga menyoroti peran guru sebagai pendengar dan teladan, yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan di era Kurikulum Merdeka.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Allyn & Bacon.

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century teacher education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.

Gagné, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of instructional design (5th ed.). Wadsworth.

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381-391.

Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. ASCD.

Mergel, B. (1998). Instructional design and learning theory. University of Saskatchewan.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Pearson.

Slavin, R. E. (2006). Educational psychology: Theory and practice (8th ed.). Allyn & Bacon.

Stiggins, R. J. (2005). Student-involved assessment for learning (4th ed.). Pearson.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). ASCD.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university (4th ed.). McGraw-Hill.

Brookhart, S. M. (2017). How to create and use rubrics for formative assessment and grading. ASCD.

Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design (Expanded 2nd ed.). ASCD.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles