PENGARUH KEMAMPUAN PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SANGGAR JUANG JATISARI KAB KARAWANG

  • Sri Endang Ayu Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Acep Nurlaeli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sya’roni Ma’sum Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Kemampuan pedagogik, Motivasi Belajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pedagogik yang dimiliki oleh tutor dan bagaimana motivasi belajar yang dimiliki warga belajar, serta apakah terdapat pengaruh Antara kemampuan pedgogik tutor terhadap motivasi belajar warga belajar PKBM Sanggar Juang Jatisari. Dengan menggunakan metode kuantitatif yang dibantu oleh aplikasi SPSS 2.5. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 responden kelas 10 dari populasi warga belajar Paket C dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disusun dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskiptif dengan uji hipotesis yang ditemukan nilai signifikan 0.01 lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengaruh kemampuan pedagogik tutor sejumlah 68,2% terhadap motivasi belajar

Referensi

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Alamsyah, Dodi. Pangestu, Lippi Fiqriya. Darusman, Y. (2022). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i1.164

Ali, Agus ; Mardiati, A. (2021). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Anshor Cibungbulang Kabupaten Bogor. 3(1), 6.

Asrori, M. (2019). Psikologi Pendidikan. Wacana Prima.

Barlian, E. (2016). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Sukabina Press.

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Hanizar, D. S., Masluyah, & Wahyudi. (2014). Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. JIPP: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(11), 1–13. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6892/7734

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan program-program pusat kegiatan belajar masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 97. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8111

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Kusumastuti, Adhi. Khoiron, Ahmad Mustamil. Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Lutfiyah, U. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V di SDIT Insan Mulia Tangerang Selatan. 27–31. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25467

Makleat, N., Syukur, A., & Ndewi, A. D. (2022). Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 203. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958

Maritasari, D. B. dkk. (2021). Kompetensi dan Kinerja Guru. Bintang Pustaka Madani.

Mulyasana, D. (2015). Pendidkan Bermutu dan Berdaya Saing. Remaja Rosdakarya.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Pradewi, G. I., Wijayanti, W., & Sukowati, S. (2019). Manajemen Peserta Didik di PKBM Berbasis Alam Studi pada Sanggar Anak Alam (SALAM). Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 193–205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p193-205

Prawira, P. A. (n.d.). Psikologi Pendidikan dalam Prespektif baru (A. Safa (ed.); 2nd ed.). Ar-Ruzz Media.

Rahmat, A. (2017). Manajemen Pendidikan Nonformal. WADE.

Ramadhan, K., Mukhlis, & Jamaluddin. (2023). Konsep dan Implementasi Pendidikan Kesetaraan: Analisis terhadap Pasal 50 RUU Sisdiknas Versi Agustus 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30863–30870.

Rosidah, I., Sauri, S., & Syaodih, C. (2022). Implementasi Pembelajaran Life Skill Pada Program Kesetaraan Paket C Untuk Membekali Warga Belajar Yang Siap Memasuki Lapangan Kerja. Jurnal Eduscience, 9(1), 182–194. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2591

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.

Somantri, D. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Sudrajat, D. (2018). Metode Penelitian dan Pendidikan dengen Pendekatan Kuantitatif. In Penerbit Inputs.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. 14.

Suhaenah, E. (2016). Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di SKB Kota Serang”. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (e-Plus), 1(1), 88–97. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/1186

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168. https://doi.org/10.21009/jtp1803.2

Wahyu, S. S. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 20.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles