Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Di Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

  • Khunafah Khunafah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Drajatul Aliyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstrak

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting sebagai landasan utama dalam membentuk sumber
daya manusia yang mempunyai kualitas dan potensi unggul. Namun rendahnya prestasi belajar ekonomi
siswa dalam proses pembelajaran disebabkan karena masih banyak siswa yang belum mandiri dalam
belajar. Jika kemandirian belajar siswa dan lingkungan belajar siswa juga mempunyai motivasi yang tinggi
maka prestasi belajar akan meningkat sehingga menumbuhkan keaktifan siswa di sekolah dan juga
menghasilkan ide-ide. cemerlang yang meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD
Negeri Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan 60 siswa sebagai
sampel penelitian, pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus. Pengumpulan data dilakukan
melalui penyebaran angket yang mencakup variabel kemandirian belajar, kondisi lingkungan belajar, dan
prestasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi
linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan lingkungan belajar
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Referensi

Agistiawati, E., & M. Asbari. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 2(1), 513-523.

Alavi, M., GM Marakas, & Y. Yoo. (2002). Studi Perbandingan Lingkungan Pembelajaran Terdistribusi terhadap Hasil Belajar. Penelitian Sistem Informasi, 13(4), 404-415.

Alferez, BJAL, AD Siraji, JGC Labaria, RJ Yusop, S. Maglente, & FA Salendab. (2023). Menguji Kemandirian Peserta Didik di Kelas Daring untuk Peningkatan Hasil Belajar . Jurnal Terapi ReAttachment dan Keanekaragaman Perkembangan , 6(8s), 419-427.

Andayani, D., & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Anggraini, Y., S. Patmanthara., & P. Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2(12), 1650-1655.

Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psikomutiara , 1(1), 15-29.

Baeten, M., F.Dochy, & K. Struyven. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar yang Berbeda Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajarnya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 83(3), 484-501.

Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar . Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Devi, I., NI Harahap., & AMY Simbolon. (2023). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMAN 1 Tigo Nagari. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 30-41.

Diana, P.Z., D. Wirawati., & S. Rosalia. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 9(1), 16-22.

Gunawan, A., R. Mardikaningsih & R. Yuliana. (2016). Evaluasi Pembelajaran . Revka Prima Media, Surabaya.

Hadiyanto, N. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional sekolah (Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA , 9(1), 103-116.

Harahap, F., N.A. Nasution., & B. Manurung. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Kultur Jaringan Tumbuhan. Jurnal Instruksi Internasional , 12(1), 521-538.

Hermawan, Y., H. Suherti., & R. Gumilar. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 8(1), 51-58.

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di Man Bangkalan . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 3(1), 103-114.

Hofferber, N., A.Eckes, & M. Wilde. (2014). Pengaruh Otonomi Mendukung Vs. Mengendalikan Perilaku Guru Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Eropa , 3(4), 177-184.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial , 3(2), 155-164.

Karina, A., E. Davitri., & D. Darmawan. (2018). Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia , 5(2), 107-120 .

León, J., JL Núñez, & J. Liew. (2015). Penentuan Nasib Sendiri dan Pendidikan STEM: Pengaruh Otonomi, Motivasi, dan Pembelajaran Mandiri Terhadap Prestasi Matematika Sekolah Menengah. Pembelajaran dan Perbedaan Individu , 43, 156-163.

Lim, DH & ML Morris. (2009). Faktor Pembelajar dan Pengajaran yang Mempengaruhi Hasil Belajar dalam Lingkungan Pembelajaran Campuran. Jurnal Teknologi Pendidikan & Masyarakat, 12(4), 282-293.

Marantika, J.E.R. (2021). Kemampuan Metakognitif dan Strategi Belajar Otonom dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (EduLearn), 15(1), 88-96.

Mardhiyana, D. & EOW Sejati. (2016, Februari). Berpikir Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah . Di PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hlm. 672-688).

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif . IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. & M. Hariani. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Kontribusi dari Kompetensi kepribadian Guru serta Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-12.

Mubarok, IR, & K. Tambunan. (2021). Pembangunan Ekonomi Indonesia: Peran Pendidikan Sebagai Fondasi Penting Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle , 2(4), 492-499.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. & T. K. Waty. (2023). Pengaruh Self Innovativeness dan Self Efficacy Terhadap Efektivitas Implementasi E-Learning. Jurnal Internasional Ilmu Pelayanan, Manajemen, Teknik, dan Teknologi, 3(1), 1 – 5.

Orakci, S. & Y. Gelisli. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Otonomi Pembelajar Terhadap Prestasi, Sikap, dan Otonomi Pembelajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 6. Jurnal Internasional Kurikulum dan Pengajaran, 11(1), 269-292.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, dan S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Ilmu Pendidikan , 8(1), 37-46.

Putri, EMR (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Flow Akademik Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Kaliptra , 5(1), 1-21.

Ranti, M.G., I. Budiarti, & B.N. Trisna. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Didaktik Matematika: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 75-83.

Rini, ES, G. Wibisono., A. Ramadhanti., N. N. Simamora., & D. Chen. (2020). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 6(2), 256-263.

Riyanto, H.Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas . Media Prenada.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar . Bumi Aksara. Jakarta.

Sugandi, AI (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2(2), 144-155.

Sukmawati, D. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Keluarga dan Teman SebayaTerhadap Literasi Keuangan Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 4(1), 30-41.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1-19.

Syamsi, A. (2014). Pemanfaatan Media Aktual Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika untuk Kelas Bawah di MI/SD. Pendidikan , 3(1), 17-31.

Triswijianto, P. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Swasta di Jakarta Utara. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS , 3(1), 46-60.

Usun, S. (2004). Dimensi Pembelajaran Penting yang Mempengaruhi Mahasiswa Sarjana; Pembelajaran dan Prestasi Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Online Turki Teknologi Pendidikan-TOJET , 3(4), 15-27.

Yen, JC & CY Lee. (2011). Mengeksplorasi Pola Pemecahan Masalah dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar dalam Lingkungan Blended Learning. Komputer & Pendidikan , 56(1), 138145.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) , 5(2), 8794.

Zubaidah, S. (2016, Desember). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran . Dalam Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17.

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##