Peran Ajaran Tasawuf Dalam Membentuk Kesadaran Moral Peserta Didik Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Malang

  • Muhammad Fadil Romadhoni Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Alfian Fahmi Ma’arif Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • M. Imamul Muttaqin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Tasawuf; Moral; Pendidikan; Karakter; santri

Abstrak

Kesadaran moral adalah aspek penting dalam pendidikan, memengaruhi pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini mengeksplorasi peran ajaran tasawuf dalam membentuk kesadaran moral santri di Pondok Pesantren Sabilurrosyad. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali bagaimana ajaran tasawuf diterapkan dan dampaknya pada perilaku serta nilai-nilai moral santri. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan asatidz dan beberapa santri serta observasi kegiatan yang mengintegrasikan tasawuf. Hasil menunjukkan bahwa santri yang terlibat dalam kegiatan tasawuf menunjukkan peningkatan dalam kejujuran, kesabaran, dan empati. Mereka juga lebih mampu merefleksikan tindakan mereka dan memiliki kesadaran sosial yang lebih besar. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan dalam penerapan ajaran tasawuf, seperti kesalahpahaman dan perlunya pendekatan yang inklusif.

Referensi

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Abdillah, A., & Rifai, A. B. (2019). PERKEMBANGAN PEMIKIRAN KONSEP PENDIDIKAN DIRI DALAM PERSPEKTIF TASAWUF MUHAMMAD IQBAL. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(1), 135–158. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i1.4838

Hak, N., Yusdani, Y., & Arfaizar, J. (2022). PERGESERAN MAKNA ESENSI PERNIKAHAN DI KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN – STUDI KASUS SOSIOLOGI HUKUM KELUARGA. Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 16(2), 169–184. https://doi.org/10.56997/almabsut.v16i2.686

Izzah, L., & Hanip, M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).63-76

Maghfiroh, A., & Muthohar, S. (2023). Pendidikan Tasawuf: Sebuah Pendekatan dalam Membangun Moralitas Anak Bangsa. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.32489/alfikr.v9i1.304

Mannan, A. (2018). ESENSI TASAWUF AKHLAKI DI ERA MODERNISASI. Aqidah-ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1). https://doi.org/10.24252/aqidahta.v4i1.5172

Maulana, D. P. P., & Noviani, D. (2023). Pendekatan Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.619

Murtado, R. Z. (2021). Kearifan Lokal, Tradisi Pesantren, dan Masalah Toleransi Beragama di Indonesia. 15(1).

Mustofa, A., & Muzdalifah, Z. (2022). The Concept of Islamic Education According to Imam al- Ghazali in Bidayatul Hidayah and Its Implementation in Pondok Pesantren Darul Faqih Malang. 2(1).

Muttaqin, M. (2022). Urgensi Tasawuf dalam Kajian Pendidikan Islam. CONTEMPLATE: Jurnal Ilmiah Studi Keislaman, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.53649/contemplate.v3i01.113

Nor Habibah, Muhammad Efendi, Siti Cholifah, Muthoharoh, Nur Aisyah, Eko Nursalim, & Nanik Sri Rahayu. (2023). Penerapan Nilai–Nilai Akhlak Dalam Kitab Bidayatul Hidayah. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 115–126. https://doi.org/10.62196/nfs.v2i2.25

Roka’iyah, S. (2021). PERAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER PERSPEKTIF TASAWUF: PERAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER PERSPEKTIF TASAWUF. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 140–155. https://doi.org/10.19105/rjpai.v2i2.4777

Rozaki, C., & Ma’arif, M. A. (2022). RELEVANSI KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI AKHLAK DI ERA NEW NORMAL. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(5), 480–499. https://doi.org/10.59689/incare.v2i5.331

Wahab, A. A., & Islam, M. H. (n.d.). Konsep Tasawuf Imam Al-Ghazali Dari Aspek Moral Dalam Kitab Bidayatul Hidayah.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles