Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran PAI Kelas IV di SDN Karawang Wetan IV

  • Ahmad Farhan Mulyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Amalia Amalia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Novi Rahmayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian  ini  menyelidiki  penggunaan  model  pembelajaran kooperatif Teams  Games  Tournament (TGT) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Kisah Nabi di kelas IV SDN Karawang Wetan  IV.  Tujuan  utama  penelitian  adalah  untuk  mengetahui seberapa  efektif  model  TGT  dalam  meningkatkan  hasil  belajar siswa. Selain itu, penelitian ini menemukan komponen pendukung dan penghalang model TGT. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada 55 siswa.  Studi dilakukan dalam dua siklus, dengan perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi  sebagai komponennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa  meningkat  secara  signifikan.  Nilai  N-Gain  rata-rata meningkat  dari  0,63%  (sedang)  pada  siklus  I  menjadi  0,82% (tinggi) pada siklus II. Selain itu, aktivitas belajar siswa meningkat dari 67,35% (tinggi) pada siklus I menjadi 88,74% (sangat tinggi) pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model TGT berfungsi dengan baik untuk meningkatkan partisipasi siswa  dan hasil  belajar  mereka.  Penelitian  ini  benar-benar  meningkatkan kualitas  pembelajaran  PAI  dan  dapat  membantu  guru menggunakan  strategi  pembelajaran  yang  lebih  baik  dan menyenangkan.

Referensi

Alawiyah, Jijim Sukron, Firdaus Aditya. 2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIMES GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA

ISLAM. Fitrah: Journal of Islamic Education. Vol 4 No. 1 Juni 2023, https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.

Bahrani. 2023. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEI GOHONG. Published by: Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan (FTIK) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Vol. 3 No. 2, Agustus 2023.

Dewi, dkk. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Jigsaw pada siswa kelas X Di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna, Jurnal AlTa'dib.9(2):1-21.

Kiranawati 2007. Model Teams Games Tournament. Tersedia pada https://kiranawati.blog.woodpress.com. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

Utari, Shilvia Fatma. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament ) untuk Meningkatkan Keaktifan, Motivasi, dan hasil belajar siswa

pada mata Diklat Akutansi pokok Bahasan Jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X

AK-1 SMK Widya Praja Ungaran.FE.

Slavin, Robert. E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. ( Terjemahan Narulita

Yusron ), Nusa Media, Bandung. ( Buku asli diterbitkan tahun 2005 ).

Sliberman, Melvin. 2006. Active Learning. Penerbit Nusa Media.Bandung.

Tri Aulia, Titin, dkk. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif

Tipe Teams Assisted Individuualization di Kelas VII Mts Al-Muhajirin Rasau jaya. PTK, Vol.4 No. 2 Mei 2024. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318.

Trianto, Yustianti Fatna. (2011). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta:Bumi Aksara.

Widhiastuti, Ratieh. 2014. TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR.JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN Vol. IX, No. 1,

Juni 2014 Hal. 48-56.

Diterbitkan
2024-06-06
Bagian
Articles