Analisis Metode Bimbingan Tugas Kelompok Mentoring untuk Menumbuhkan Sikap Kerja Sama pada Siswa Kelas 8 SMP IT Rabbani

  • Apriyanti IAIN Curup
  • Dina Hajja Restianti IAIN Curup
  • Beni Azwar IAIN Curup

Abstrak

Dewasa ini peningkatan nilai siswa secara akademik semakin digalakan oleh pemerintah, tetapi indeks kenakalan remaja semaik memngkat. Kenakalan remaja utamaya tingkat sekilah menengah pertama menjadi ukti hilangnya nilai nilai positif yang berusaha ditanamkan lewat pendidikan. Karakter dan sikap positif siswa seyodyanya selalu ditanamkan di sekolah. Menanamkan sikap positif siswa utamanya kerjaama berusaha dilakukan oleh SMP IT Rabbani dengan mengunakan metode bimbingan tugas kelompok  mentoring. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa mengunakan metode bimbingan tugas kelompok  mentoring yang dilakukan di SMP IT Rabbani. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung selama sesi-sesi mentoring, wawancara mendalam dengan guru yang terlibat, dan pemantauan dokumentasi seperti catatan kegiatan dan materi yang disampaikan. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Validitas dan reliabilitas data akan diperkuat melalui langkah-langkah triangulasi, diskusi tim peneliti, dan pencatatan rinci langkah-langkah analisis. Bimbingan tugas kelompok mentoring di SMP IT Rabbani di topang oleh tiga faktor utama yaitu : pertama pengunaan pendekatan pembelajaran secara islami dengan menerapakan pembelajaran berbasis kekeluargaan, dan pengunaan metode Tilawah Al Quran. Kedua pemilihan metode kultum sebaya. Ketiga yaitu pemilihan guru mentor yang harus menguasai metode bimbingan kelompok. Kendala yang muncul  adalah tingkat percaya diri siswa rendah serta menejemen waktu oleh guru. Ada 8 kreteria yang terlihat sebagai tanda kerjasama yang terbangun antar siswa di SMP IT Rabbani.

Referensi

Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170.

Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(01), 1–13.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2). https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253

Azima, A. Z., Damanik, D. Y., & Nabilah, S. (2024). Efektivitas Kegiatan Program Ekstrakurikuler Keagamaan Tilawah Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(2), 807–817.

Cikka, H. (2020). Peranan kompetensi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan interaksi pembelajaran di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–52.

Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus-Metode Penelitian Kualitatif. https://osf.io/preprints/inarxiv/f8vwb/download

Fahreza, S. A. F. S. A. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1). http://www.jayapanguspress.com/index.php/metta/article/download/51/52

Fajar, M., Mattalatta, M., & Natsir, M. (2020). Pengaruh Manajemen Waktu, Motivasi Mengajar, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Professional Guru di Yayasan Pendidikan Tamalatea Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 3(1). https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/631/355

Gafri Mamonto, A. (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI 1 BOLAANG MONGONDOW TIMUR [PhD Thesis, IAIN MANADO]. http://repository.iain-manado.ac.id/1607/

Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32–44.

Hamid, I. (2018). PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK NEGERI 8 MAKASSAR. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1), Article 1.

Harapan, E., Pd, M., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021a). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), 75–90.

Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021b). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2162

Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran orang tua dalam menanamkan nilai multikultural di lingkungan keluarga siswa sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991.

Idrus, I. A., Astuty, H. S., Kurnia, H., Jon, E., Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4418–4424.

Irwan, D. A., Putri, N. A., Putri, K. C., & Kibtyah, M. (2023). Penerapan Terapi Islam Pada Kesehatan Mental Menggunakan Metode Tilawah Al-Quran. Al-Hiwar Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 11(2), 129–138. https://doi.org/10.18592/alhiwar.v11i2.11654

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/859

Maelani, N. (2022). Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Al-Multazam Kuningan. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 439–450.

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37.

Mujamil, N. M. S., & Suryadi, R. A. (2023). Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Pada Siswa Kelas VI B SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/5908

Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2248

Putriana, M., Puspitasari, W., Sugiarto, A., Muharam, Y. A., & Darmawan, T. (2023). Penerapan Komunikasi Interpersonal pada Media Sosial: SMK N 1 Babelan Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 44–55.

Rachman, H. A. (2009). Dimensi kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2). http://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/437

Sa’adah, O. N. I., & Pamungkas, M. I. (2022). Analisis Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Religius. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 127–132.

Sarwono, A. Y., Murtono, M., & Widianto, E. (2020). The teacher’s role in developing student social attitudes. International Journal of Elementary Education, 4(3), 384–391.

Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77.

Siregar, Z. A. B. (2024). Implikasi Metode Mentoring Halaqah dalam Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah. AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 39–54.

Sulistiyo, U. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. PT Salim Media Indonesia.

Suparmin, S., Kombih, A. H., Khairani, D. A., Audia, E. A., & Srirahmayani, E. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Mengaji bagi Anak Masyarakat Kute Ujung Barat melalui Pelaksanaan Program Tilawah Al Quran di TPA Al-Mukhsin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 229–238.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kenakalan remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23–29.

Telaumbanua, S. J., Lase, F., Zebua, E., & Damanik, H. R. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Keterbukaan Diri (Self Disclousure) Peningkatan Kualitas Kegiatan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dalam Belajar. Journal on Education, 6(3), 16397–16409.

Wenny, L. S. (2021). Literasi Informasi berdasarkan Surah Al-Alaq. Maktabatuna, 3(1), 80–95.

Wirawan, P. A., Alghazali, R. D., & Anrial, A. (2023). Penguatan Mental Mahasantri Al-Jamiah IAIN Curup Melalui Kuliah Tujuh Menit. Journal of Da’wah, 2(2), 275–295.

Yulista, N. U. (2011). Upaya sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/51621/

Diterbitkan
2024-06-10
Bagian
Articles