UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SHAFA MARWAH KARAWANG
Abstrak
Perkembangan kemampuan anak untuk berpikir, terutama dalam memahami lambang bilangan, adalah aspek kognitif yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif flip chart dalam meningkatkan keterampilan pengenalan simbol angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Shafa Marwah Karawang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dijalankan dalam dua putaran. Siklus pertama melibatkan lima kali pertemuan, sementara siklus kedua hanya melibatkan tiga kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan 15 anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam studi ini melibatkan pengamatan terhadap kemampuan anak-anak dalam mengidentifikasi angka 1 hingga 10, mengamati aktivitas guru dan siswa, dan mencatat hasil temuan. Dalam penelitian ini, metode analisis data melibatkan penggunaan teknik kualitatif deskriptif bersama dengan perhitungan statistik dasar. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flip chart memperbaiki pemahaman terhadap lambang bilangan 1-10. Peningkatan rata-rata anak yang mendapat nilai 3 pada setiap indikator terlihat signifikan, dengan 59,73% anak mampu menghitung 1-10 pada siklus pertama dan 85,96% pada siklus kedua, menunjukkan peningkatan sebesar 26,23%. 75% dari indikator keberhasilan telah terpenuhi saat mencapai siklus II. Pada hasil penelitian didapati bahwa penggunaan flip chart dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman terhadap lambang bilangan 1-10. Kenaikan itu terjadi karena penelitian menggunkan permainan dan flip chart yang berdasarkan pada teori pengenalan simbol-simbol angka pada anak-anak, dan pemberian hadiah juga membuat anak-anak lebih antusias untuk bermain permainan tersebut.
Referensi
Aceng dkk. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Media Flip Chart Pada
Anak Usia 4-5 Tahun DI RA TARBIYATUL AULAD. Banten: Universitas Tirtayasa.
Akhmad dkk. (2020). Efeksifitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangakan Kognitif
Anak Usia Dini. Jurnal Of Islamic Education.
Aprilia. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok
B di TK Azzulga Darussalam Jati Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Surakarta :
Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Chotibudin. (2018). Aplikasi Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Books Google.com
Darmawi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Books Google.com
Eky dkk. (2020). Pengaruuh Permainan Maze Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan
-10 Pada Anak Kelompok A. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##