PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENJAWAB TANTANGAN GLOBALISASI

  • Ayu Safitri Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Mukh. Nursikin Universitas Islam Negeri Salatiga
Kata Kunci: Guru pendidikan Agama Islam, Globalisasi, Pendidikan Nilai

Abstrak

Globalisasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia termasuk dalam pendidikan agama Islam, maka diperlukan peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggapi tantangan globalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang mencakup berbagai sumber terkait dengan pendidikan agama Islam, globalisasi, dan peran guru dalam konteks pendidikan.

Referensi

Azra, A. (1999), Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu), Cet 1, 43-44

Buchori, M. (1994), Pendidikan dalam Pembangunan, (Jakarta: IKIP Muhammadiyah

Jakarta Press), Cet 1, 38.

Miller, J. P. (2005), Holistic Learning and Spirituality In Education, Breaking New Ground, (New York: State University Of New York Press).

Nata, A. (2010), Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Cet 1, 145.

Nata, A. (2011), Studi Islam Komprehensif, (Jakarta: Penanda Media group), Cet 1, 87- 112

Sanaya, W. (2005), Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kopetensi, (Jakarta: Prenada media), cet 1. 17-25

Sukmadinata, N. S. (1997), Pengembangan Kurikulum, (Bandung, Remaja Rosyda Karya), cet 1, 89.

Sutrisno & Rahman, F. (2006), Kajian Terhadap Metode, Epistimologi dan Sistem Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Belajar), cet 1, 90-120

Usman, M. U. (1997), Menjadi Guru Profesional, (Bandung, Remaja Rosyda Karya), cet VIII, 16-17

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles