PERAN MADRASAH DAN MASJID DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SINGAPURA

  • Dina Salsabila Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Erman Erman Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Radhiatul Hasnah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Kata Kunci: Madrasah; Mosque; Islamic education; Muslim; Singapore

Abstrak

Penelitian ini membahas peran madrasah dan masjid sebagai dua institusi utama dalam sistem pendidikan Islam di Singapura. Sebagai negara dengan populasi Muslim minoritas, Singapura mengembangkan pendekatan yang unik untuk memelihara pendidikan agama di tengah masyarakat multikultural. Madrasah berfungsi sebagai lembaga pendidikan formal yang mengintegrasikan kurikulum agama dan umum, bertujuan mencetak generasi Muslim yang religius sekaligus kompeten secara akademik. Di sisi lain, masjid memainkan peran penting dalam memberikan pendidikan non-formal melalui program pengajian, kelas Al-Quran, dan pelatihan keislaman bagi berbagai kelompok usia. Artikel ini juga mengulas tantangan yang dihadapi kedua institusi ini, termasuk modernisasi kurikulum, standar akademik nasional, dan penyesuaian dengan kebutuhan generasi muda. Dengan dukungan dari Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) dan kolaborasi komunitas Muslim, madrasah dan masjid terus berkontribusi dalam menjaga identitas Islam di Singapura. Penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi pendidikan formal dan Pendidikan non-formal yang ditawarkan madrasah dan masjid merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan nilai keislaman masyarakat Muslim di Singapura.

Referensi

Adawiah, R. (2018). Pendidikan Islam di Singapura. Cross-Border, 1(2), 114–148.

Agustina, L., & Shalihin, R. R. (2022). Theoretical framework pendidikan Islam berbasis pendekatan multi-inter transdisipliner. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(1).

Akhyari, M. F. (2024). Pendidikan Islam Di Singapura. Netizen: Journal Of Society And Bussiness, 1(5), 222–234.

Amin, M. H. B. I. N. M. (2024). Model Pengajaran Blended Learning Di Pusat Pendidikan Andalus Singapura (Analisis Kebijakan Pendidikan Singapura Di Era Pandemi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang pengembangan madrasah unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2).

Budin, H. B. I. N. (2023). Penerapan Kurikulum Agama Di Madrasah Wilayah Timur Singapura. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Cahyono, S., Sawarjuwono, T., Wendi, W., & Cahyono, S. (2023). Masa Jabatan CEO, Keragaman Dewan Direktur, dan Pengungkapan CSR: Eksplorasi Studi Kepustakaan. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi, 14(1), 54–68.

far Siddik, D. (2010). Inovasi Pemberdayaan Masjid Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Singapura.

Hamzah, S. (2024). Membingkai Pendidikan Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Deepublish.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Helmiati. (2013). Dinamika Islam Singapura : Menelisik Pengalaman Minoritas Muslim di Negara Singapura yang Sekular & Multikultural The Dynamics of Islam Singapore Probe of Muslim Minority Experience in Singapore Secular & Multicultural Minoritas Muslim di Tengah Kehidupan. Toleransi, 5, 87–99.

Huda, M., Noviana, L., & Santoso, L. (2020). pengembangan tata kelola wakaf berbasis korporasi di Asia Tenggara. De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 12(2), 120–139.

Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Kusnadi, K., Rama, B., & Rasyid, M. R. (2022). Proses Perkembangan Islam Di Nusantara, Teori Masuknya Dan Pusat Pendidikan Islam Masa Awal Di Asia Tenggara. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2(2), 75–91.

Meytha, M., Kamaruddin, S., & Awaru, A. O. T. (2024). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Kesadaran Pluralisme Dan Toleransi Di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6883–6890.

Muhidin, I. (2023). Joint Madrasah System Dan Implementasi Integrasi Sains Dan Islam Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Singapura. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Muslih, M., & Kholis, N. (2021). Telaah komparatif kurikulum Lembaga Pendidikan Islam di Singapura dan Thailand. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 9(2), 191–212.

Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., MM, C. Q. M., Santoso, Y. H., SE, S., Paharuddin, S. T., Suacana, I. W. G., & Indrayani, E. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Purwanto, A. (2022). Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4I.

Rosyada, D., Zalnur, M., Irfanda, H., & Rasyid, I. (2024). Pendidikan Islam di Singapura. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(7), 2396–2406.

Sa’adah, M. (2019). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 70–79.

Samuri, S. (2022). Kelangsungan Pendidikan Agama Islam di Negara Sekuler: Madrasah di Singapura. YASIN, 2(6), 757–774.

Sarkiman, A. B. I. N. (2024). Problematika Kurikulum Pembelajaran Agama Islam Pada Madrasah Separuh Masa Di Singapura. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sihite, M., & Saleh, A. (2019). Peran Kepemimpinan dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi: tinjauan konseptual. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(1), 29–44.

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318.

Sudrajat, A. (2015). Perkembangan Islam di Singapura. Kertas Kerja Prodi Ilmu Sejarah FISE UNY, Yogyakarta.

Susanto, P. (2015). Perbandingan Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71–93.

Syafaruddin, S., Asrul, A., Mesiono, M., Wijaya, C., & Usiono, U. (2016). Inovasi pendidikan: suatu analisis terhadap kebijakan baru pendidikan.

Syafri, U. A., Maya, R., & Sarkiman, A. Bin. (2022). Program Learning Islamic Value Everyday (aL. IVE) di Madrasah Masjid Al-Taqua Singapura. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 103–128.

Tokyan, M. B. I. N. (2024). Model Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Separuh Masa Di Singapura. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wanto, D. (2018). Kendala Dan Perbaikan Pendidikan Islam Yang Ideal. Conciencia, 18(1), 56–63.

Warosari, Y. F. (2022). Analisis Peran MUIS Terhadap Kebijakan Pendidikan Islam Pada Madrasah Di Singapura. Jurnal Adzkiya, 6(2), 1–21.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian literatur dan teori sosial dalam penelitian. Metode Penelitian Ekonomi Syariah, 80, 1–23.

Diterbitkan
2024-12-19