Peran Lembaga Pendidikan dalam Membangun Hubungan Sinergis dengan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Bahrul Ulum

  • Siti Jaenab Jaenab Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ayu Endah Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Silvi Anaraj Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: institutions, public relations, education quality

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran lembaga pendidikan dalam membangun hubungan sinergis dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Bahrul Ulum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, selanjutnya dilakukan konfirmasi kepada lembaga pendidikan dalam rangka menguji kebenaran informasi yang telah diperoleh. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran lembaga pendidikan MI Bahrul Ulum dalam membangun hubungan sinergis dengan masyarakat diantaranya adalah dengan mengadakan kegiatan diskusi bersama masyarakat yang ada didalamnya atau sekitarnya dalam rangka membuat kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman terkait pendidikan agama Islam. Dalam hal ini, partisipasi masyarakat dibangun dengan memasukkan kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan warga sehingga warga juga ikut andil untuk membantu di dalam lingkungan pendidikan. Adapun tantangan yang dihadapi diantaranya adalah eksistensi kelompok masyarakat yang tidak banyak bekerja umumnya ketika membantu dalam pelaksanaan pendidikannya ini lebih cenderung mengharapkan imbalan materi.

Referensi

Abdullah, M. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3).

Gazali, M. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1).

Kurniasari, D., Hakim, L. & Syaifudin, M. (2024). Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(2), 12175-12184.

Mustofa, E., Haryati, T. & Noormiyono. (2024). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Hasiyim Asy’ari Bawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).

Rahmah, A. A. T., et al. (2022). Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Dicipta Kreatif Bangsa (CKB) Playgroup. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(2).

Sulistyorini. (2022). Sinergi Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Malang: Inara Publisher.

Amiruddin S, Rizki A, Yuli A, Tiwi W, Suhada AF & Khadijah P. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education Vol 5

Diterbitkan
2024-12-25