Analisis Perbandingan Pendidikan Negara Finlandia dan Nigeria
Abstrak
Pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu negara, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Pertama-tama, pendidikan merupakan fondasi utama bagi pengembangan sumber daya manusia. Individu yang terdidik cenderung memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik, yang memungkinkan mereka untuk berkontribusi secara produktif dalam berbagai sektor. Dalam Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian Library research, atau penelitian perpustakaan, adalah metode yang menggunakan sumber-sumber informasi yang tersedia di perpustakaan, jurnal akademik, dan literatur terkait Metode ini sangat berguna untuk mengumpulkan informasi yang telah dipublikasikan sebelumnya, serta memahami konteks yang lebih luas dari topik penelitian. Penelitian ini membandingkan sistem pendidikan Finlandia dan Nigeria. Finlandia menekankan inklusivitas dan aksesibilitas, dengan pendidikan dasar gratis dan metode pengajaran inovatif. Sebaliknya, Nigeria menghadapi tantangan pendanaan, kualitas pendidikan, dan cenderung menggunakan metode tradisional. Dukungan pemerintah di Finlandia kuat, Nigeria perlu meningkatkan kolaborasi antara sektor publik dan swasta. Teknologi pendidikan juga lebih terintegrasi di Finlandia, sementara Nigeria masih dalam tahap awal adopsi.
Kata Kunci: Analisis, Perbandingan, Negara Finlandia, Negara Nigeria.
Referensi
Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234
ALIFF NAWI, GAMAL ABDUL NASIR ZAKARIA, & NORKHAIRIAH HASHIM. (2020). Komunikasi Berkesan Menerusi Pembelajaran Berasaskan Masalah dalam Kursus PendidikanIslamdi Institusi Pengajian Tinggi. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1).
Ananda, R., Syaputri, W. I., Suhesni, T., & Rossadah, N. (2023). Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2812
Andriana. FA, A., & Eliza, D. (2021). Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.354
Arriani, F., Agustiawati, Rizki, A., Ranti, W., Wibowo, S., Tulalessy, C., & Herawati, F. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik; Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. In Pustaka Nurja.
Daheri, M., Wibowo, R. A. T., Kuncoro, B., Sudarsono, S., & Salim, N. A. (2022). Transformasi Substansi Manajerial Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Finlandia? JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1159
Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444
Dede, D. F. dan. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(2).
Engel. (2014). Eksistensi Pendidikan di Nigeria. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Ernaliana, E., & Rasidi, M. A. (2021). STANDAR KUALITAS PENDIDIKAN DASAR DI NIGERIA: STUDI KEPUSTAKAAN. El Midad, 13(1). https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3456
Esan, A. O. (2022). School Libraries and Educational Development in Nigeria: Issues and Prospects. Indonesian Journal of Librarianship. https://doi.org/10.33701/ijolib.v3i2.2866
Fauziah, R. F., & Masyithoh, S. (2023). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.207
Gilang Achmad Marzuki, & Agung Setyawan. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809
Goldy, A. Z. (2022). Analisis Peran Pemerintah Dalam Konflik Boko Haram Chibok School girl Kidnapping di Nigeria Ditinjau Dari Sudut Pandang Sekuritisasi. In Universitas Islam Indonesia.
Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4).
Karimuddin Abdullah, Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696
Naibaho, M. A., Nasution, N. U., Zuhro, R., Abdul, T., Harahap, W., & Ardhiansyah, Y. (2023). Evaluasi Program Anggaran Pendidikan pada Pengelolaan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).
Odebode, A. A. (2019). Factors Responsible for Students’ Unrest in Nigerian Tertiary Institutions: Implications for Counselling Practices. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22199
Okediji, & Hannah Adebola Aderonke. (2017). Effect of Oral Traditions, Folklores and History on the Development of Education in Nigeria, 1977 Till Date. Journal of History Research, 7(2). https://doi.org/10.17265/2159-550x/2017.02.001
Ratri, D. K., Supriyanto, A., & Sobri, A. Y. (2020). Pendidikan Indonesia di Masa Depan: Tinjauan Kesesuaian Pendidikan di Finlandia dengan Ki Hadjar Dewantara. Seminar Nasional Arah ….
Rifa, M. A. (2018). Tujuan, Pengorganisasian, Dan Struktur Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Di Afrika Selatan, Inggris, Dan Hongkong. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1).
Saifullah, A. R. (2018). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. In PT. Bumi Aksara.
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi. In Medan: UMSU PRESS.
Sassi, K. (2020). Prinsip-prinsip Epistemologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas. Millah, 20(1). https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6
Sassi, K. (2023). Al-Qur’an Portrait of Educational Theories. Journal of Educational Issues, 9(2). https://doi.org/10.5296/jei.v9i2.21238
Suardipa, I. P. (2019). Diversitas Sistem Pendidikan Di Finlandia Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Maha Widya Bhuwana, 2(2).
Sulaeman, A., Makhrus, M., & Makhful, M. (2021). FIlantropi Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter dengan Sistem Pendidikan Terpadu. Alhamra Jurnal Studi Islam, 2(2). https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i2.11701
Tanjung, R., Supriani, Y., Arifudin, O., & Ulfah, U. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.419
Wardhani, B. L. (2017). Respon Poskolonial terhadap Intensifikasi Pendidikan Kolonial di Afrika. Jurnal Global & Strategis, 10(1). https://doi.org/10.20473/jgs.10.1.2016.137-151
Wijaya, K., & Samsirin, S. (2023). Rekonseptualisasi Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar Berdasarkan Nilai Pendidikan di Finlandia Menurut Ratih Dwi Adiputri. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80111
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##