ANALISIS STANDARDISASI SARANA DAN PRASARANA DALAM INOVASI DIGITAL BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPIT AN-NUR AL-MUSTAFA

  • Puspita Komala Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rachmawati Rachmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sakinah Sakinah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Standardization,Facilities and Infrastructure, Digital Innovation Islamic education

Abstrak

Tujuan Penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui Standardisasi atau upaya memenuhi Standar Sarana dan Prasarana di SMPIT An-Nur Al-Mustafa Cikarang Barat dalam Inovasi Pendidikan Berbasis Digital pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta literatur pustaka. Dari hasil wawancara kami kepada pihak sekolah, kami mendapatkan informasi bahwa sarana dan prasarana belum sepenuhnya memenuhi standar akan tetapi pihak sekolah tetap melakukan standardisasi sarana dan prasarana yang mendukung inovasi berbasis digital. Meskipun sarana dan prasarana masih dalam tahap standardisasi, hal tidak menghalangi pihak sekolah untuk melakukan standardisasi inovasi berbasis digital pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena pihak SMPIT An-Nur Al-Mustafa Cikarang Barat telah melakukan Standardisasi dalam hal Inovasi Pendidikan berbasis digital pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mana hal tersebut terlihat dari adanya inovasi pembelajaran dalam games pembelajaran hasil kolaborasi guru PAI dan TIK dari sekolah tersebut.

Diterbitkan
2024-12-31