RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. A. WAHID HASYIM DI ERA SOCIETY 5.0
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis konsep Pendidikan Islam menurut KH. A. Wahid Hasyim serta relevansinya di era Society 5.0. Pendidikan Islam merupakan usaha sadar berdasarkan ajaran Islam untuk membentuk pribadi lebih baik. Penelitian ini menyoroti bagaimana pemikiran KH. A. Wahid Hasyim tetap relevan dan dapat diterapkan dalam perkembangan zaman saat ini. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan teknik dokumentasi, menelusuri buku dan tulisan tentang KH. A. Wahid Hasyim. Dokumen yang digunakan mencakup tulisan, gambar, dan karya monumental, seperti catatan harian, biografi, serta peraturan atau kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam perspektif KH. A. Wahid Hasyim yaitu tentang dasar pendidikan yang menggunakan logika, tujuan yang beliau gagas yaitu ingin menjadikan santri yang berakhlaq mulia serta mempunyai keterampilan, sedangkan tentang prinsip keagamaan, pengembangan potensi peserta didik, bersosial, dan semangat kebangsaan serta pembaruan pendidikan islam meliputi meode, kurikulum dan pendirian madrasah. Relevansi konsep pendidikan Islam sudah sesuai zaman sekarang, dengan melakukan pembaruan agar tidak tertinggal dengan ilmu barat dan mampu menghadapi era Society 5.0.
Referensi
Albar Rahman, J. (n.d.). KETELADANAN DAN GAGASAN WAHID HASYIM: ANALISIS PEMIKIRAN, KEPEMIMPINAN POLITIK DAN PEMBAHARU PENDIDIKAN ISLAM.
El-Rumi, U., & Asnawan, A. (2018). KH. ABDUL WAHID HASYIM PEMBARU PESANTREN Dari Reformasi Kurikulum, Pengajaran hingga Pendidikan Islam Progresif. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 431–454.
Hasyim, K. H. W. (n.d.). Pendidikan Karakter Menurut Kh. WAHID Hasyim.
Hasyim, M. (2016). Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 168–192.
Ismail, M. (2016). Demokratisasi Pendidikan Islam Dalam Pandangan Kh. Abdul Wahid Hasyim. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 315–336.
Kartika, R. O. (2024). Pendidikan Holistik Islam Perspektif KH. Abdul Wahid Hasyim. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 2(1), 53–73.
Khariyah, Y. T. M. (2022). Peran KH Abdul Wahid Hasyim dalam Pendidikan dan Pengaruhnya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1).
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Musaropah, U. (2019). Pendidikan Kebangsaan Dalam Pesantren Perspektif Abdul Wahid Hasyim. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 1–22.
Muvid, M. B. (2021a). Modernisasi Madrasah di Era Milenial Perspektif KH Abdul Wahid Hasyim. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 223–246.
Muvid, M. B. (2021b). The Modernization of Madrasah in the Millenial Era of KH Abdul Wahid Hasyim Perspective. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 223–246.
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.
Nurfadilah, A., Mulyana, A., & Suwirta, A. (2020). Peranan KH Abdul Wahid Hasyim dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Indonesia, 1934-1953. INSANCITA, 5(1), 19–42.
Puspitasari, N. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim). At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01).
PUSPITASARI, N. (2016). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KH ABDUL WAHID HASYIM. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
Riezky, M. F. N. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Menurut KH. Wahid Hasyim. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
SABAR, S. (2021). PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. ABDUL WAHID HASYIM. UIN Raden Intan Lampung.
Saefudin, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam Perspektif KH. Wahid Hasyim. UNUSIA.
Saputra, R. (2018). Pembaruan Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Perspektif Kha Wahid Hasyim). UIN Raden Intan Lampung.
Sriyanto, A. W. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MODERN DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN KH. A. WAHID HASYIM DAN KH. IMAM ZARKASYI. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(02), 207–240.
Ummah, K. (2023). Transformasi Pendidikan Pesantren; Studi Atas Pemikiran Kh. Abdul Wahid Hasyim. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##