Pengembangan E-LKPD pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar

  • Pricilia Deyalita Utami Universitas Lampung, Indonesia
  • Jufri Saputra Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramita Sylvia Dewi Universitas Lampung, Indonesia
Kata Kunci: E-LKPD, Pembelajaran IPA, Liveworksheets

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Lembar Kerja Siswa (LKPD) elektronik Problem Based Learning (PBL) merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini untuk pendidikan sains. Penelitian tersebut didorong oleh tidak adanya orisinalitas dalam penggunaan lembar kerja siswa elektronik. Cara standar untuk memperoleh pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan pembuatan E-LKPD (Bahan Ajar dan Pembelajaran Elektronik) dengan bantuan lembar kerja langsung untuk pendidikan sains di kelas V sekolah dasar. Teknik penelitian adalah metodologi yang digunakan untuk melakukan penelitian dan mengembangkan ide atau produk baru. Model ADDIE digunakan pada penelitian ini yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data meliputi wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase skor validator dari ahli media dan ahli bahasa masing-masing sebesar 93,2% dan 90%, termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil respons kedua guru sebesar 97,7% juga termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan tes satu lawan satu dan tes kelompok kecil memperoleh nilai masing-masing sebesar 88,5% dan 83,6% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah melakukan uji validasi ahli dan menganalisis jawaban siswa, ditetapkan bahwa E-LKPD yang dihasilkan layak digunakan sebagai bahan ajar pendidikan sains untuk siswa kelas V sekolah dasar. Guru disarankan untuk menggunakan e-LKPD ini ke dalam proses pembelajaran di kelas untuk membantu siswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan.

Referensi

Adenolira, N. B., & Amir, H. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Guided Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi. ALOTROP, 7(2), 55–66.

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42.

Afonna, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 24 Bireuen. (PhD Thesis, UIN Ar-Raniry). UIN Ar-Raniry.

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582.

Andres, N., Alpusari, M., & Sari, I. K. (2023). Pengembangan E-Lkpd Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 241–254.

Azizah, M. I., & Kuswanti, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 405–417.

Destrinelli, D., Hayati, S., Mahdalena, M., & Rianti, S. (2021). Model Evaluasi Berbasis HOTS untuk Pembelajaran Blended. Jurnal Basicedu, 5(6), 6439–6452.

Fitri, A. N. G., Nayoan, J. R., Umaroh, C. F., Maharani, D. A., Farhan, F., & Irianti, A. H. S. (2021). Pengembangan Teknik Upcycle pada Proses Modifikasi Busana Secondhand Menjadi Produk Berkualitas. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Haddar, G. A., Kusumawati, I., Hairunisa, Sa’adah, U., Siahaan, T. M., Efendi, R., … Hakim, A. R. (2023). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan. Padang: Get Press Indonesia.

Istiqomah, E. (2021). Analisis lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15.

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345.

Maghfiroh, L., Jayanti, J., & Suryani, I. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 2751–2766.

Mahardita, V. R., & Pratama, A. T. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Guided Discovery Learning Berbantu Concept Mapping Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 136–152.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Nurmasita, N., Enawaty, E., Lestari, I., Hairida, H., & Erlina, E. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Reaksi Redoks. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 11–20.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 903–913.

Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis HOTs (higher order thinking skill) dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA tema 8 kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89.

PISA. (2023, May 20). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018.

Pramudya, R. M., Syafril, S., Eldarni, E., & Amilia, W. (2024). Pengaruh Penerapan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8503–8512.

Purnawati, W., Maison, M., & Haryanto, H. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 126–133.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan media video pembelajaran dengan model ADDIE pada pembelajaran bahasa Inggrisdi SDN 1 Selat. Jurnal EDUTECH Undiksha, 2(1).

Putra, W. P., Gunamantha, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Pengembangan E-LKPD HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 169–180.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51–59.

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Sopiana, E., Atiaturrahmaniah, A., & Hakim, A. R. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 7971–7986.

Sudiarti, M., Siregar, S. N., & Susanto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Smart Apps Creator 3 pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 899–912.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y. (2024). E-LKM Berbasis PJBL Terintegrasi Etno-STEM pada Materi IPA dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Mahasiswa. Harmoni Media Dan Metode Dalam Pembelajaran IPA, 99.

Vadilla, N. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis model discovery learning pada materi termokimia untuk mengukur keterampilan sains siswa. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164.

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-Lkpd berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).

Zulvira, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tematik Terpadu Menggunakan Steam Berbasis Lectora Di Kelas III SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273–1286.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles