Determinants Of Academic Achievement: Exploring The Impact Of School Environment And Study Time On Students' Learning Outcomes At MA As-Sa'adah Lampah Kedamean Gresik
Abstrak
Hasil belajar meliputi indikator keberhasilan siswa dalam memahami, menguasai dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan. Penelitian ini menyelidiki pengaruh lingkungan sekolah dan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA As-Sa'adah Lampah Kedamean Gresik yang berjumlah 65 orang. Seluruh siswa akan menjadi responden sehingga teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Dengan menitik beratkan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, hasil belajar siswa diposisikan sebagai indikator penilaian keberhasilan belajar siswa. Lingkungan sekolah dan waktu belajar diidentifikasikan sebagai waktu di sekolah, waktu mengerjakan tugas di rumah, dan kegiatan di luar sekolah yang merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami pengaruh kedua variabel tersebut secara terpisah dan bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Dengan mempertimbangkan hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat dihasilkan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan melalui pengelolaan lingkungan sekolah yang optimal dan pengelolaan waktu belajar yang efektif.
Referensi
Al Mursyidi, B. M. & D. Darmawan. (2023). The Influence of Academic Success of Islamic
Religious Education and Social Media Involvement on Student Morality. Al-Fikru: Jurnal
Ilmiah, 17(2), 321-331.
Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Aurum, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Bagi Prestasi Belajar Kimia
Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1835–1843.
Baartman, L. K. & E. De Bruijn. (2011). Integrating Knowledge, Skills and Attitudes:
Conceptualising Learning Processes Towards Vocational Competence. Educational Research
Review, 6(2), 125-134.
Burch, G. F., R. Giambatista., J. H. Batchelor., J. J. Burch., J. D. Hoover., & N. A. Heller. (2019).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##