KONTRIBUSI ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN TERHADAP PEMBINAAN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU

  • Fatonah Salfadilah UIN Raden Intan Lampung
  • Yuli Yanti UIN Raden INtan Lampung
Kata Kunci: Character Education, Ethics and Education Profession, Teacher Candidates.

Abstrak

Rendahnya integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum program studi pendidikan guru menjadi salah satu permasalahan utama yang mempengaruhi kualitas calon guru. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kontribusi mata kuliah Etika dan Profesi Kependidikan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kontribusi mata kuliah etika dan profesi kependidikan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter mahasiswa calon guru. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan delapan mahasiswa menggunakan pedoman semi-terstruktur, serta observasi interaksi akademik. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan implementasi nilai-nilai etika pada mahasiswa sudah cukup baik, ditunjukkan melalui perilaku seperti menghargai dosen, menjaga sopan santun, dan bekerja sama dengan teman sejawat. Faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai etika meliputi latar belakang individu, peran dosen sebagai fasilitator, serta lingkungan pembelajaran yang kondusif. Mata kuliah ini berperan signifikan dalam membentuk karakter, integritas, dan kompetensi profesional mahasiswa sebagai calon guru. Manfaat penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum pendidikan guru, khususnya dalam memperkuat pendidikan karakter melalui mata kuliah Etika dan Profesi Kependidikan.

Referensi

Affandi, R. H., Panjaitan, A., Novaliza, A., Aidin, W., Sitorus, L. S., Sholeha, D., & Nasution, I. (2022). Peran Profesi Kependidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. 02(02).

Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 168–176.

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Annisa, R. E., & Anggoro, B. K. (2025). Pengaruh Penerapan Kode Etik Guru terhadap Kualitas Interaksi Pembelajaran dan Kedisiplinan di Sekolah. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p450-462

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Arifandi, A., & Fihrisi, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Membudayakan Nilai-nilai Religius. PESAT, 8(1), Article 1.

Asis, S. M., Sasan, A., & Samsudin, K. (2022). Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Nilai–Nilai Karakter Mahasiswa. JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(2), Article 2.

Azmi, C., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengaruhnya pada Perkembangan Moral Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3283

Budiana, I. (2022). Menjadi Guru Profesional di Era Digital. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234

Darmawan, A., & Sangaji, F. (2023). Seberapa Efektif Penggunaan Model Pembelajaran Scientific dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam. Search: Science Education Research Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1248

Fatmawati, A. D., Khairuni, H. W., Al-Azkiya, G. A., Ananda, B. P. R., Naza, A. F., Wulandari, S., & Khoirunnisa, S. (2024). Penggunaan E-Scaffolding Fisika sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Problem Solving Skill dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Rumpun Fisika. Jurnal Majemuk, 3(1), Article 1.

Fauzi, A., & Hasanah, A. (2024). Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i1.22346

Gibran Andika Pratama & Henry Aditia Rigianti. (2023). Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Karakter Peserta Didik dan Mahasiwa Calon Guru SD. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 179–188. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.3091

Hadi, S. (2022). Peranan Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko—Bengkulu. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.309

Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah, A. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3231

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.2765

Hertati, L. (2023). Exploring Moralitas Individual Mahasiswa, Sebuah Peran Mengatasi Etika Kecurangan Mahasiswa Akuntansi di Dunia Pendidikan. Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.61401/relevansi.v7i2.106

Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v8i1.29897

Kamsin, K., & Parmawati, M. E. (2023). Pengaruh Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Guru. Prosiding Business Adaptability, Change Management and Technopreneur Conferences, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.46306/bacmatech.v1i2.35

Mahmudah, N. E. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Upaya Optimalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 947–963.

Ovianti, D. F., Yuliana, I., & Chanifudin. (2024). Tumbuhkan Kepribadian Unggul: Strategi Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(5), Article 5. https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/1271

Pratomo, W., Sapriya, S., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Penguatan Good Character Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Berbasis Metode Sariswara. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10155

Rahimah, R. (2022). Urgensi Profesionalisme Guru dalam Kehidupan. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 3(3), 270–277.

Salfadilah, F., Maemonah, Wibowo, Y. R., Putri, A. I., Ramadhan, F. A., & Supriadi, M. (2023). Teori Classical Conditioning Pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i1.9671

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Sihombing, R. M., & Hakim, R. (2020). Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MTsN 1 Kota Sungai Penuh Kerinci. At-Tarbiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/attarbiyah.v11i2.2179

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Sugara, H., & Mutmainnah, F. (2020). Peran Guru PPKn dalam Membangun Karakter Bangsa Sebagai Respon dan Tantangan Abad ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 16–30.

Susanti, E., Salsabila, N., & Syabila, T. (2023). Analisis Interaksi Sosial Mahasiswa Pelanggan Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa IPS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30871–30879. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11993

Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881

Wakidi, W., Patimah, S., Subandi, S., & Makbulloh, D. (2023). Menjadi Guru Ideal dengan Menerapkan Standar Kompetensi Guru. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/att.v7i2.2977

Wibowo, Y. R., Hidayat, N., & Salfadilah, F. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5601–5618.

Diterbitkan
2024-12-31