Efektivitas pengawasan guru pendidikan agama islam Di SMPN 2 karawang barat
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan PAI pada tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang meliputi (1) Pelaksanaan pengawasan guru PAI (2) Faktor yang mempengaruhi efektivitas pengawasan (3) strategi pengawasan guru PAI yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun keterbatasan waktu menjadi tantangan, pengawasan yang dilakukan oleh pihak sekolah masih dapat berjalan efektif dengan beberapa penyesuaian. Penggunaan teknologi dalam pengawasan, serta pemberian otonomi kepada guru dalam menyusun strategi pembelajaran, menjadi solusi utama untuk mengatasi kendala waktu. Selain itu, kolaborasi antara guru dan pihak sekolah dalam merancang rencana pembelajaran yang lebih fleksibel juga turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pengajaran. Kesimpulannya, pengawasan guru PAI di SMPN 2 Karawang Barat tetap efektif meskipun terdapat keterbatasan waktu, dengan syarat adanya inovasi dalam metode pengawasan dan komunikasi yang baik antara pihak-pihak terkait.
Kata kunci: pengawasan, guru Pendidikan Agama Islam, keterbatasan waktu, dan efektivitas
Referensi
Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan.
Djam’an, A. K. (2011). METODE PENELITIAN KUALITATIF.BANDUNG. ALFABETA
Tim dosen administrasi pendidikan universitas pendidikan indonesia. (2010). Manajemen
Pendidikan,Alfabeta,Bandung
Abd. Wahib. (2021). Manajamen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan.
Muhajirin B, Danial Rahman, & Lisa Nursita. (2023). Problematika Dalam Pelaksanaan Supervisi
Pendidikan. 3.
A Suradi. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama
Islam Disekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu . 5.
Iis Setiawati. (2021). Manajemen Pengawasan Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa . 1.
Arito. (2022). Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru
Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum di Kabupaten Malang. 1.
Dadang Darmawan. (2023). Strategi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
Pendidikan Agama Islam. 6.
Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan supervisi pendidikan . Khairulkatsirin.
https://id.scribd.com/document/396852581/MAKALAH-Faktor-faktor-yang-Mempengaruhi-
Supervisi-Pendidikan
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##