Implementasi Teori Multiple Intelegent pada Pembelajaran Bahasa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Amar Al-Azizi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Alya Salsabila Zhafirah Kabir Universitas Islam Negri Sunan Ampel, Indonesia
  • Samrotul Choiriah Universitas Islam Negri Sunan Ampel, Indonesia
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negri Sunan Ampel, Indonesia
Kata Kunci: Implementasi, Teori Multiple Intelegent, Motivasi Belajar

Abstrak

Kajian linguistik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menerangkan secara ilmiah fenomena-fenomena kebahasaan dengan tetap mempertahankan prinsip obyektif dan konsisten dalam memberikan penjelasanpenjelasan. Para ahli dalam bidang linguistik membagi bidang kajian linguistik dalam dua bagian, yaitu bidang mikrolinguistik dan bidang makrolinguistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research (studi kepustakaan). Metode ini berkaitan dengan kajian teoritis yang bersumber dari referensi atau literaturliteratur ilmiah. Multiple intelligences (MI) atau dikenal dengan istilah kecerdasan majemuk merupakan teori yan ditemukan oleh Howard Gardner dan timnya. Dalam konsepnya, teori menyatakan bahwa kecerdasan manusia itu sangat bervariasi dan memiliki beberapa jenis yakni kecerdasan linguistic, kecerdasan spasial,kecerdasan music, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan matematik logis, kecerdasan alam dan kecerdasan kinestetik.

Referensi

Agustina Setyowati. “Multiple Intelences,” 2021.

Alhaq, Faiz. “Multiple Intelligence Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pembelajar Non-Arab.” Siyaqiy: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab 1, no. 1 (2023): 10–17. https://doi.org/10.61341/siyaqiy/v1i1.02.

Amir Hamzah. “Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran.” Pendidikan 4 (2009): 251–61. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/97406410605874042.

Arif, Muh., and Awaliyah Musgamy. “PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB: Studi Analisis Teori Motivasi Pembelajaran.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 10, no. 2 (2021): 326. https://doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.326-334.2021.

Astuti, Juli. “Rahasia Multiple Intelligence Pada Anak.” Journal ISTIGHNA 1, no. 2 (2018): 37–61. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.3.

Berliana, Dinda, and Cucu Atikah. “Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Citra Pendidikan 3, no. 3 (2023): 1108–17. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963.

Eka Rahayu. “P-ISSN :2657-1269 e-ISSN : 2656-9523.” Jurnal Auladuna, no. c (2020): 37–49.

El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana, M. Yunus Abu Bakar, and Mardiyah Mardiyah. “Students’ Interpersonal Intelligence Formulation (Case Study at Darussalam Gontor Islamic Boarding School).” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2022): 14.

Faruq, Asrul, and M. Sofyan Alnashr. “Implementasi Strategi Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Multiple Intelligences.” Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 6, no. 2 (2018): 195–210. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v6i2.129.

Gardner, Howard. “Multiple Intellegences.” Atlantic Monthly 3, no. 1 (1999): 211–34.

———. “Pengertian Multiple Intelligences ( Kecerdasan Jamak ).” Academia, 2003.

Kusniati, Endang. “Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences.” Nuansa 9, no. 2 (2016): 167–78. https://doi.org/10.29300/nuansa.v9i2.385.

Mahbubi, Abdillah, Nur Aqilah L. R. Opier, Arroyyanah F, and M. Yunus Abu Bakar. “Implementasi Teori Generatif Transformatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 10, no. 2 (2023): 211–28. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v10i2.1127.

Mayasari, Annisa, Windi Pujasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 2, no. 2 (2021): 173–79. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Misdawati, Misdawati. “Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 8, no. 1 (2019): 53. https://doi.org/10.31314/ajamiy.8.1.53-66.2019.

Muhammad, Maryam. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 2 (2017): 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Diterbitkan
2024-12-31