Implementasi Desain Penelitian Dalam Penulisan Disertasi Mahasiswa Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang
Abstrak
Penulisan disertasi mahasiswa pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang menghadapi tantangan signifikan dalam implementasi desain penelitian. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kendala utama yang dihadapi mahasiswa, termasuk keterbatasan pemahaman terhadap metodologi, kesulitan analisis data, serta kurangnya akses literatur. Studi literatur digunakan untuk menganalisis solusi yang relevan, seperti pelatihan intensif dalam metodologi penelitian, penguatan sistem bimbingan akademik, dan perluasan akses terhadap sumber daya ilmiah. Selain itu, integrasi nilai-nilai Islam dalam desain penelitian menjadi perhatian khusus, memastikan relevansi etika dan ilmiah. Artikel ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas disertasi, baik melalui pendekatan individual maupun kebijakan institusi. Hasil penelitian diharapkan dapat memperkuat kapasitas mahasiswa dalam menyusun disertasi berkualitas, meningkatkan kontribusi akademik mereka dalam konteks pendidikan Islam, serta mendukung pengembangan kebijakan akademik yang lebih inklusif.
Kata kunci : Desain Penelitian, Disertasi, Metodologi
Referensi
Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R. A., & Fuad, R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 219–228.
Akhyar, M., Zakir, S., Ilmi, D., & Febriani, S. (2024). Evaluation Of The Implementation Of The Lecture Process For Postgraduate PAI Students At UIN Imam Bonjol Padang In The Digital Era. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 16(1), 14–32.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir). Penerbit K-Media.
Fitria, T. N. (2022). Pelatihan Penulisan Proposal Ta Dan Skripsi Dengan Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Untuk Mahasiswa D3 Dan S1. DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2), 10–18.
Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistika:(Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Penerbit Andi.
Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konsep, Prosedur dan Contoh Penerapan. Penerbit Nem.
Ridlo, U. (2023). Metode penelitian studi kasus: teori dan praktik. Publica Indonesia Utama.
Sugiarto, E. (2015). Kajian Interdisiplin dalam Penelitian Pendidikan Seni Rupa: Substansi Kajian dan Implikasi Metodologis. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(1), 25–30.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Alfabeta.
Sulistiono, M. (2019). Implementasi Hybrid learning menggunakan aplikasi Edmodo pada matakuliah metode penelitian kualitatif. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 57–67.
Zaedi, M., & Rizkia, R. D. (2019). Analisis Model Pembelajaran Berkarakter Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 20–39.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##