PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SDN KUTANAGARA II: TINJAUAN KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI

  • Sabrina Aisyah Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Maemunah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruhiyati Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Financial Management, Education, at ELEMENTARY SCHOOL KUTANAGARA II

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana SDN KUTANAGARA II Karawang mengelola dana pendidikannya, yang sangat penting bagi kelancaran operasional program pengajaran sekolah. Kemanjuran penggunaan sumber pembiayaan sekolah, akuntabilitas dan keterbukaan pengelolaan keuangan, upaya untuk mengurangi kesalahan pengelolaan keuangan, dan penggunaan keuangan sekolah untuk meningkatkan kualitas pengajaran di kelas merupakan topik utama penelitian ini. Pengelolaan dana pendidikan di SDN KUTANAGARA II Karawang disorot dalam satu studi kasus dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Menurut temuan penelitian, SDN KUTANAGARA II Karawang tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan dana untuk sekolah.

Referensi

Anggraini, R. D. (2013). Transparansi , Partisipasi , dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran

Ara, H., & Imam, M. (2010). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam

Mengelola sekolah dan Madrasah). Digital Library, Uin Sunan Gunung Djati, 36.

https://etheses.uinsgd.ac.id/30324/

Muspawi, M., & Lukita, M. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar.

Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 99–110. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12237

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen

Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.448

Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Kebijakan Dan

Manajemen Publik, 1(2), 201–208.

Diterbitkan
2024-12-15