Pengaruh Program Kelas Takhassus Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Kelas VII Dan VIII SMPIT AlIrsyad Al-Islamiyyah Karawang

  • Mimi mutiara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kasja Eki Waluyo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tajudin Nur Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Program Kelas Takhassus, Prestasi Akademik, Peserta Didik

Abstrak

Abstrak. Program kelas takhassus adalah program kelas yang dibentuk SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah dikhususkan untuk peserta didik yang ingin menghafal Al-Qur’An dengan tujuan untuk mencetak generasi Qur’ani yang berprestasi, berakhlaqul karimah, cerdas, unggul, kreatif, dan mandiri. Program ini merupakan program salah satu bidang keagamaan yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas membaca al-Qur’an dan menghafalnya. Dengan mengedepankan prestasi dibidang keagamaan tidak menutup kemungkinan peserta didik di kelas takhassus juga berprestasi dibidang akademik dan mampu bersaing dengan peserta didik lainnya pada bidang akademik. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mencari pengaruh program kelas takhassus terhadap prestasi akademik peserta didik di kelas VII dan VIII SMPIT Al-Irsyad Al- Islamiyyah Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eks-post facto. Dimana peneliti bermaksud menggambarkan tentang program kelas takhassus di kelas VII dan VIII SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang kemudian mencari tahu apakah dalam program kelas takhassus tersebut terdapat pengaruh terhadap prestasi akademik peserta didik. Dengan jumlah populasi 120 peserta didik dan peneliti menarik sampel 77 peserta didik maka diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan antara program kelas takhassus terhadap prestasi akademik peserta didik di kelas VII dan VIII SMPIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS, uji persamaan regresi yaitu Y = 26.794 + 0.532 X. Dari hasil uji signifikasi regresi diperoleh nilai seignifikan sebesar sebesar 0,000, karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 atau (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh Program Kelas Takhassus (X) terhadap Prestasi Akademik (Y)”. Dan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,266. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Program Kelas Takhassus (X) terhadap Prestasi Akademik (Y) adalah sebesar 26,6% sedangkan 73,4% Prestasi Akademik dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti 

Referensi

Musianto, Lukas S. “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian.” Jurnal Manajemen dan Wirausaha 4, no. 2 (2002): 123–36. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136.

Palahudin, Palahudin, Muhammad Eri Hadiana, dan Hasan Basri. “Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2020): 1–11. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.9776.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles