PENGARUH KUALITAS LINGKUNGAN PENGASUHAN KELUARGA DENGAN IBU BEKERJA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA PURWASARI

  • Tasyia Khoerunissa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ine Nirmala Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Rochimah Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: lingkungan pengasuhan, ibu bekerja, perkembangan sosial

Abstrak

Penelitian ini terdapat permasalahan perkembangan sosial yang terjadi pada anak usia 4-5 tahun di Desa Purwasari, yang meliputi aspek kesadaran diri, rasa tanggung jawab, dan perilaku prososial. Permasalahan tersebut dialami oleh anak yang ibunya bekerja, peran orang tua seharusnya mendidik,membimbing, memberikan kasih sayang, dan kebutuhan hidup bagi anak. Ibu yang bekerja memiliki sebuah tuntutan untuk dapat berperan ganda dalam menyeimbangkan waktu bekerja dengan pengasuhan yang diberikan pada anak sehingga capaian perkembangan anak dapat meningkat sesuai dengan tahapan usianya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas lingkungan pengasuhan keluarga dengan ibu bekerja terhadap perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun di desa Purwasari. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif ex post facto. Hasil penelitian ini adalah kualitas lingkungan pengasuhan keluarga dengan ibu bekerja berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sosial anak, sesuai dengan hasil hitung regresi linear sederhana didapatkan nilai sig. sebesar 0.00<0.05.

Referensi

Amanda, M., Nurpratiwiningsih Laelia, & Romli, T. D. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SDN Karangsembung 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 97– 102.

Daulay, N. (2014). Pola Asuh Orangtua dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 02(02), 76– 91.

Devi Sofa Nur Hidayah, C. W. K. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1– 9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya kelekatan orang tua dalam internal working model untuk pembentukan karakter anak. Developmental Psychology, 33(5), 806– 821.

Elmanora, E., Hastuti, D., & Muflikhati, I. (2017). Lingkungan Keluarga sebagai Sumber Stimulasi Utama untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 143– 156. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.143

Ferdyansyah, M., & Masfufah, U. (2023). Perkembangan Dewasa Madya Sebuah Studi Kasus. Journal Psikoborneo, 2(9), 598– 604. https://doi.org/10.17977/um070v2i92022p598-604

Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 464– 470. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4230

Habsy, B. A., Sufiandi, A. C., Baktiadi, A. N., & Asmarani, E. M. (2023). Teori Perkembangan Sosial Emosi Erikson dan Perkembangan Moral Kohlberg. Tsaqofah, 4(1), 217– 228. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2163

Handayani, R. (2019). Pengaruh lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15– 26.

Hanifah, H. asma fadhilah, Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90– 104. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323

Harahap, U. I. (2021). Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Umur (3-5 Tahun) di Desa Pargarutan Julu Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Masyarakat (JURKESMAS), 1(1), 81– 85. https://doi.org/10.53842/jkm.v1i1.32

Hastuti, D. (2011). Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Balita Di Daerah Rawan Pangan. Jurnal Imu Keluarga & Konseling, 4.

Husna, A., & Suryana, D. (2021). Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci. Jurnal …, 5, 10128– 10140. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2461901&val=1 3365&title=Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci

Icam, S. (2017). Mengenal Model Pola Asuh Baumrind. Pendidikan Guru PG PAUD Universitas Gorontalo, 32.

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221– 228.

Ismiatun, A. N., & Suryono, Y. (2019). 81) Pengaruh Pengasuhan Ibu Yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Purbalingga the Effect of Working Mothers Parenting Practice on the Social Development of Children Aged 5-6 Years in Purbalingga Regency. Jurnal Al-Abyadh, 2(2), 70.

Khadijah, D. H. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya (1st ed.). CV Media Kreasi Group.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0 - 6 Tahun. Warna, 2(2), 15– 28.

Kurniawan, D. H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101– 112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Manalu, E. R., & Muniroh, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Bola Estafet Di Tpa Permata Bunda Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287– 301.

Muarifah, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1, 96– 115.

Diterbitkan
2024-12-06