Peningkatan Spirit Kewirausahaan Muda Melalui Penerapan Program Kokurikuler P5 Dengan Tema Kewirausahaan Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 4 Pasuruan
Abstrak
Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan Program Ko-kurikuler P5 bertema project based entrepreneurship dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara semi terstruktur, dan analisis dokumentasi untuk mengumpulkan data. Program P5 memberikan siswa pengalaman langsung dalam merancang, mengelola dan memasarkan produk, membantu mereka memahami pentingnya kreativitas, tanggung jawab dan kolaborasi dalam dunia kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan inovasi siswa, meskipun terdapat tantangan dalam hal manajemen waktu dan keterbatasan sumber daya. Dengan dukungan lebih lanjut dari sekolah dan pemangku kepentingan lainnya, program ini mempunyai potensi besar untuk diadopsi sebagai model pembelajaran berbasis proyek yang lebih luas. Penelitian ini berkontribusi dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global, sekaligus mendukung penguatan perekonomian lokal melalui penciptaan wirausaha muda yang tangguh dan kompetitif.
Referensi
Amran, Muhammad, Sudarto, Abd. Hafid. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19” 406 – 417
Anggraini, Reni., Nurmalisa, Yunisca & Pitoewas, Berchah. 2018. Pengaruh Kegiatan Kokurikuler Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 11.
Ayuni, R., & Sati, F. L. 2022. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi untuk menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Economic Edu, 2(2), 1-6.
Dihni, V. A. Persentase Pengusaha/Penanggungjawab Usaha Perdagangan Menurut Tingkat Pendidikan Terakhir (2020). Dipetik Februari 8, 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/17/
Dewi, K., & dkk. 2020. Manajemen Kewirausahaan. Yogyakarta: Deepublish.
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangaan Projek Pelajar Pancasila. In Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Lorinda.
Rusnaini., Raharjo., A. S. & W. N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 230–249
Saraswati, Diah Ayu. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA N 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferesiasi pada Kurikulum Merdeka.Jurnal Pendidikan MIPA 12 (2)
Wahyuni, Widiya Retno. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5 (Kewirausahaan) pada fase B di SDN Bandanrejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3 : 1626-163
Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas ,43–49.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##