Relevansi Teori Perenialisme terhadap Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Pustaka
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi teori Perennialisme dalam pendidikan Islam melalui pendekatan kualitatif dan metode kajian pustaka. Perennialisme yang berfokus pada nilai-nilai abadi serta pembentukan karakter holistik dianggap memiliki potensi signifikan sebagai landasan filosofis dalam pendidikan Islam. Temuan menunjukkan bahwa prinsip-prinsip utama Perennialisme, seperti kebenaran universal dan nilai-nilai etika yang tak lekang waktu, sejalan dengan tujuan pendidikan Islam untuk menghasilkan insan yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pengintegrasian nilai-nilai abadi Perennialisme dalam kurikulum pendidikan Islam untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang tangguh dan berakhlak. Dengan demikian, teori Perennialisme tidak hanya memperkuat fondasi etika pendidikan Islam tetapi juga menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan zaman
Referensi
Afifah, R., Nurjaman, U., & Fatkhulloh, F. K. (2022). Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi Di Lembaga Pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 936. https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.973
Afiyah, I. N. (2020). Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
Astutik, Ummi Puji, K. (2023). Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 3247–3256.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Hasanah, Mila, 2022, Filsafat Pendidikan. (Mataram CV.KANHAYA KARYA)
Kristiawan, Muhammad (2016). Filsafat Pendidikan: The Choice is Yours. Jogjakarta: Valia Pustaka Jogjakarta. hlm. 25. ISBN 978-602-71540-8-7
Khudaeri, A. (2017). Perenialism in Era Globalization. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 59–75. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i1.1300
Mu’ammar, M. A. (2014). Perenialisme pendidikan. Nur El-Islam, 1(2), 17–28. https://www.neliti.com/id/publications/226440/perenialisme-pendidikan-analisis-konsep-filsafat-perenial-dan-aplikasinya-dalam
Nurrochman, T., & Fauziati, E. (2023). Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342
Rahman, A. (2021). Pendidikan Islam dan Pembentukan Akhlak. Jakarta: Penerbit Islamika.
Ramayulis dan Nizar, Samsul. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia.).
Siregar, R. L. (2016). Teori Belajar Perenialisme. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 172–183. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1522
Taufikur Rohman, Khojir, Rahmad Soe’oed, (2023) Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan kajian keislaman Volume 11, Nomor 2, Desember 2023;p-ISSN 2338-3186;e-ISSN 2549-1873;307-320
Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, W., & Arijulmanan, A. (2021). Perenialisme Dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 321. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1221
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##