Peningkatan rasa nasionalisme anggota PASMA dalam rutinitas pengibaran bendera di SMAN 4 Kota Pasuruan

  • Dwi Amalia Universitas PGRI Wiranegara
  • Komaria Firdaus Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Yuniar Mujiwati Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
  • Eni Kushartini SMA Negeri 4 Pasuruan
Kata Kunci: PASMA Member, Nationalism, Flag Raising, Improvement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan rasa nasionalisme anggota PASMA dalam rutinitas pengibaran bendera di SMAN 4 Kota Pasuruan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian inibmelibatkan observasi partisipatif dan wawancara mendalam terhadap anggota PASMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengibaran bendera secara rutin telah berhasil menumbuhkan rasa nasionalisme pada anggota PASMA. Partisipasi aktif dalam upacara bendera memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih memahami sejarah bangsa, nilai-nilai Pancasila, dan pentingnya menjaga keutuhan NKRI. Selain itu, kegiatan ini juga melatih disiplin, tanggung jawab, kerja sama tim, dan rasa memiliki terhadap sekolah dan negara. Antusiasme dan rasa bangga yang tinggi terlihat pada anggota PASMA yang aktif dalam kegiatan pengibaran bendera, menunjukkan bahwa kegiatan tersebut telah menjadi bagian dari identitas mereka. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan program pendidikan karakter di sekolah, di mana pengibaran bendera dapat diintegrasikan dalam kurikulum menjadi salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada siswa.

Referensi

Bolilio, S., HardiyantiHMahmud, Y., H.HBinggo, F., & A. Kum, T. (2024). Analisis PersepsiSSiswaATerhadap Nilai Keindonesiaan Melalui Upacara Bendera SD MuhammadiyahH2 Limboto KabupatenNGorontalo. 7, 1–12.

Bungin,BBurhan. (2005). MetodePPenelitianKKuantitatif. Jakarta: Kencana.

Fibrianto, AS, & Bakhri, S. (2018). PELAKSANAANAAKTIVITAS EKSTRAKURIKULERPPASKIBRA (PASUKAN PENGIBAR BENDERA)DDALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER,MMORAL DAN SIKAPPNASIONALISME SISWA SMAANEGERI 3 SURAKARTA. Jurnal MoralLKemasyarakatan , 2 (2), 75–93. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.1970

Hasanah, S. (2019). KegiatanEEkstrakurikuler PaskibraDDalam Rangka PembinaanKKarakter SemangatKKebangsaan Siswa. JurnalPPendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 211. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1443

Pristiwanti, D.,BBadaria, B.,HHidayat, S., & SariDDewi, R. (2022). PengertianPPendidikan. Jurnal PendidikanDDanKKonseling, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Santoso,DDjoko. (2014). Menggagas IndonesiaMMasa Depan. Jakarta:TTebet Center 66.

Sugiman, A. M. R. (2017). PENANAMANNNILAI-NILAINNASIONALISME DAN PATRIOTISMEMMELALUI MATERISSIKAP SEMANGATKKEBANGSAAN DANPPATRIOTISMEDDALAMKKEHIDUPAN BERMASYARAKAT,BBERBANGSA DAN BERNEGARAPPADA PEMBELAJARANPPKn DI SMAN 1PPUNDONG. Academy of EducationJJournal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Diterbitkan
2024-12-31