STRATEGI INOVATIF UNTUK PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DI SDN BELENDUNG 1

  • Indriyanti Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Intan Saharani Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ismaya Rosalia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Melani Damayanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Strategi Inovatif, Pendidikan Berbasis Teknologi Digital, Keterampilan Guru, Kendala Infrastruktur

Abstrak

Penelitian ini membahas strategi inovatif untuk implementasi pendidikan berbasis teknologi digital di SDN Belendung 1. Penerapan teknologi digital di dunia pendidikan semakin penting dalam menghadapi tantangan era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi-strategi inovatif yang dapat diterapkan serta faktor pendorong dan hambatan dalam proses penerapannya. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, serta dokumentasi terkait infrastruktur dan praktik pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital masih terbatas di SDN Belendung 1 karena kendala fasilitas dan keterampilan guru. Meskipun demikian, beberapa program pelatihan dan penggunaan teknologi sederhana telah diterapkan. Strategi inovatif yang meliputi peningkatan keterampilan guru, penyediaan fasilitas, dan adaptasi kurikulum berbasis teknologi menjadi solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan strategi inovatif berbasis teknologi digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, namun diperlukan dukungan infrastruktur dan pengembangan keterampilan guru secara berkelanjutan untuk mengatasi berbagai kendala yang ada.

Referensi

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Khairany, I., Chairunnisa, M., Arifin, M., Pascasarjana, P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Artikel, I., Strategy, L., & Era, D. (2024). Peran Strategi Pembelajaran dan Implementasinya Pada Era Digital. 3(1), 8–14.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1218

Diterbitkan
2024-12-15