Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Cultural Area Montessori Berbasis Budaya Sunda Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Little Star Montessori Karawang

  • Rahmadina Tanjani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Feronica Eka Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nida’ul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: kepercayaan diri, area budaya, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui cultural area montessori berbasis budaya sunda pada anak usia 5-6 tahun di TK Little Star Montessori Karawang. Cultural area Montessori berbasis budaya sunda dapat membantu anak-anak memahami indikator-indikator kepercayaan diri dan membantu guru mengajarkan serta meningkatkan kepercayaan diri anak melalui berbagai aktivitas kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi anak. Metode yang digunakan berupa tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart dengan empat komponen: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleks. Pada model ini ketika sesudah dilaksanakannya refleksi kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang atau revisi terhadap siklus sebelumnya. Hasil dari penelitian yaitu berupa peningkatan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Little Star Montessori Karawang dengan antusias dalam melakukan kegiatan yang bervariasi dan menarik perhatian dengan mengetahui macam- macam kegiatan yang dapat dilakukan pada Cultural Area Montessori dengan berbasis budaya sunda, macam-macam tradisi budaya sunda, dan ciri khas dari budaya sunda.

Referensi

Azmi Aulia R., Rina Hizriyani., Cucu Sopiah. (2022). Analisi Teori Hierarki Of Needs Abraham

Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal On Early

Childhood, 5 (3), 207.

Aji Luqman Panji dkk (2023). Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami. Jurnal

Pendidikan Islam Al-Ilmi. 6 (1), 12. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2155

Agung Zainal M. Raden, Santi Sidhartani, M.I Qeis, Dendi Pratama (2020). Perancangan Identitas

Visual UMKM Wayang Golek Desa Tegalwaru sebagai Upaya Penguatan UMKM Pasca

Pandemi COVID-19. Seminar Nasional PCengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Anni Saumi Fitri, Ratih Kusuma Wardani, Ratu Amalia Hayani (2022). Pengaruh Penggunaan

Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal

Raudhah. 10 (2), 75.

Donald Samuel Slamet Santoa, Donna, S., Abdon, A,. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. 1 (1), 18.

Dr. Amin, S.Pd., M. Si., Linda Yurike, S.,S,. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat

Penerbitan LPPM.

Dek Ngurah Laba Laksana Dkk (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. NEM

Dian Aristya, Nurul Istiq’faroh, Hendratno (2023). Meningkatkan Kemandirian Siswa SD Melalui

Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, 1 (2), 55.

https://doi.org/10.61476/8tmnst19

Dian Indira, R.M Mulyadi, Hilman Fauzia (2022). Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Masyarakat

Sunda Kepada Anak-anak “Kinderdorf” Lembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1

(9), 2067.

Diterbitkan
2024-12-15