Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Media Mozaik Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Tunas Mekar

  • Hana Lutfiyah Anisah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Feronica Eka Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nida’ul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Anak Usia 5-6 Tahun, Media Mozaik Menggunakan Bahan Alam, Keterampilan Motorik Halus

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses dan hasil pembelajaran anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Mekar Karawang melalui media mozaik menggunakan bahan alam dalam meningkatkan keterampilan motorik halus dengan jumlah sampel penelitian yaitu 10 siswa dikelas B Paud Tunas Mekar Karawang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tindakan, perencanaan, pengamatan, dan evaluasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan siklus I enam kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Dalam kedia siklus ini, analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan melihat data dari hasil catatan observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan melalui statistik deskriptif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan motorik halus dibuktikan dengan data yang diperoleh pada saat pra tindakan prsentasenya mencapai 31.17% dan mengalami peningkatan sebesar 22.38% sehingga di siklus I mendapatkan skor sebesar 53.07% dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 29.86% dengan hasil 82.94%

Referensi

Aisyah, D. S., Riana N., & Putri, F.E. (2019). Peran Ayah (Fathering) Dalam Perkembangan

Sosial Anak Udia Dini (Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 tahun di RA Nurhalim Tahun

Pelajaran 2018). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3 (01)

Abdulllah Ridwan, Wendie Prayitno, & Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian

Tindakan Kelas. pertama.

Ahmad Susanto, Pendidikan anak usia dini (konsep dan teori), (Jakarta:PT Bumi aksara, 2018)

Anggraini, M. P., & Dwi, D. (2022). Perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini. CV

Kreator Cerdas Indonesia.

Anisa, S. Topik, R. & Rosarina, G. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan

Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Paud

Agapedia 5(2) 247-248

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A.,

Umiyati, U., Fitriana, F., Puspita, Y., & Saputro, A. N. C. (2021). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Choirun Nisak Aulina. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. 39-

-125

Dara, G, R. Erni, M & Naimah. (2022). Memfungsikan Jari Jemari Melalui Kegiatan Mozaik

sebagai Upadya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini. 6 (5) 4322-4323

Farah, R., P., Rudiyanto., & I Gusti., K., (2019) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Anak Melalui Teknik Mozaik. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pnedidikan

Anak Usia Dini 14 (1)

Fitri Ayu. (2020) Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. 1-2

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat,

A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.

Intan,N.W & Iman,N.(2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik

Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 7 (2)

-16

Laela, S & Nida’ul, M. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui

Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai 08 (1)

Lailatul, I. & Nurul, K. (2017). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan

Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal

Surabaya. Jurnal Paud Teratai. 06 (03) 02

Maemunah & Leroy Holma Siahaan. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini

Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Barang Bekas di Tk Atika Thohir Falak.

Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3) 6958-6962

Mochamad, A, I., Muhammad, l, Y, F., & Paqih, R. (2022) Jenis Klasifikasi dan Karakteristik

Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam. 04 (2) 107-108

Moh Fauziddin. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik

Pada Anak Kelompok B di Tk Perdana Bangkinang Kota. Jurnal of Sece. 2615-5389

Muhammad, K., Khalidatul, H., (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok A (4-5 Tahun) di Tk Tunas Harapan

Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dasar 6 (2)

Diterbitkan
2024-12-15