EFEKTIVITAS KEGIATAN SHOLAT DHUHA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MTS MIFTAHUL ULUM KALIREJO

  • M. Baqir Hidayatulloh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Parmujianto Parmujianto STAI Al-Yasini Pasuruan
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sholat dhuha, Peserta didik

Abstrak

Pengaruh globalisasi setidaknya sudah menjamah pada sisi karakter perserta didik yang saat ini sudah mengalami perubahaan yang begitu signifikan sehingga sulit bagi generasi muda menghadapi benturan budaya yang menghadang. Pendidikan karakter adalah salah satu yang dapat menjadi solusi persoalan tersebut, pendidikan karakter dapat meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Karakter sendiri merupakan sebuah ciri khusus yang dimiliki seseorang atau suatu bangsa yang sudah mendarah daging menjadi kepribadian. Penerapan pendidikan karakter di sekolah tentunya tidak hanya dapat direalisasikan melalui kegiatan belajar mengajar saja, melainkan juga dapat dibangun melalui program pengembangan diri lainnya seperti melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun kegiatan rutin yang diselenggarakan disekolah. Kegiatan pengembangan tersebut merupakan salah satu cara yang sangat potensial dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik. Dalam rangka menumbuh-kembangkan karakter peserta didik di MTs Miftahul Ulum Kalirejo maka Madrasah memfasilitasi peserta didik dengan berbagai macam kegiatan di lingkungan sekolah. Selain melalui proses belajar mengajar didalam kelas, Kegiatan juga dilakukan melalui kegiatan rutin yang salah satunya yaitu shalat dhuha. Tujuan dari kegiatan rutin shalat dhuha ini adalah dalam rangka menanamkan kesadaran peserta didik agar memiliki nilai-nilai karakter dan spiritual keagamaan yang baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari

Referensi

Annisa, M. N, et al. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48

Fadhilah Hafidz, Ida Farida, Putri Kiki Lestari, & Ratna Sari Dewi. (2023). Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Utama Dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 237–250.

Fadlillah, Muhammad, and Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. 1st ed. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. Hlm 21

Dep. P&K, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka, 1987).

Peraturan Pemerintah RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Umar siddiq, miftachul choiri, “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan”, (Ponorogo, CV. Nata Karya, 2019).

Wahidmurni, “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”, (artikel, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017), hlm. 4-5

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D)). 1st ed. ed. Retno Ayu Kusumaningtyas. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan
2024-12-19