Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan: Hakikat Kebenaran Ilmiah

  • Fitria Gusnita UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Mella Annisa UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Mamy Triana UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Ardimen Ardimen UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Zulfadwal Zulfadwal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok
Kata Kunci: Filsafat, Ilmu Manajemen, Kebenaran Ilmiah.

Abstrak

Pada dasarnya, manusia memiliki sifat alami untuk berpikir; tujuan dari proses ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan dan kebenaran. Pengetahuan membantu menjawab pertanyaan dan masalah yang dihadapi manusia. Dengan demikian, ilmu diperlukan untuk menjawab tantangan yang dihadapi manusia. Dengan demikian, penulis akan mengkaji hakikat kebenaran, kriteria kebenaran ilmiah: jenis dan sifat, Selanjutnya, metode untuk menemukan kebenaran ilmiah dalam bidang manajemen pendidikan islam. Tulisan ini ditutup dengan menyimpulkan masalahnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan sejumlah data dan informasi dari hasil kepustakaan, dan kemudian menyajikan temuan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebenaran merupakan aspek penting dalam pencarian pengetahuan yang akurat dan valid. Konsep kebenaran sering kali diidentifikasi sebagai korespondensi antara suatu pernyataan atau keyakinan dengan realitas objektif, tetapi pendekatan filosofis lainnya juga mengakui kebenaran melalui koherensi, konsensus, dan pragmatisme. Kebenaran ilmiah memiliki karakteristik yang berhubungan erat dengan metode ilmiah. Pengetahuan ilmiah bersifat tentatif dan dapat direvisi seiring dengan berkembangnya pemahaman manusia. Kriteria kebenaran ilmiah sering kali melibatkan aspek-aspek seperti rasional logis, isi empiris, dan dapat diterapkan secara pragmatis

Referensi

Adawiah, D. R., Ambarawati, P., Marfuah, P., Hidayat, W., & Fauzi, A. (2023). Aspek-Aspek Epistemologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 84–91.

Afifah, R., Nurjaman, U., & Fatkhulloh, F. K. (2022). Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi di Lembaga Pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(3), 936–950.

Apiyani, A. (2024). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 5(4), 499–511.

Ardiansyah, A., & Ratnasari, D. (2023). Integrasi Pendidikan Islam dan Pembelajaran Sains Perspektif Al Qur’an. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1741–1761.

Aslahudin, Mansurulloh, D., Paramansyah, A., & Zamakhsari, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam Dalam Era Digital. Jurnal Tahsinia, 4(2), 195–208.

Damanhuri, & Ulum, B. (2023). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Keniscayaan Epistemologi Untuk Kualitas Pendidikan Lebih Baik. Ta’dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 1–32.

Darmanto, Trihati, F., Afifah, L., & K, L. U. (2024). Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal STIT Muhammadiyah Tempurejo-Ngawi, 3(1), 18–25.

Destiana, V., Lestari, I. P., Hanafi, M. H., Ghalib, M. S., & Wismanto. (2024). Hakikat Manusia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–87.

Dewi, M. M., & Salminawati. (2022). Teori Kebenaran Berdasarkan Perspektif Filsafat dan Sains Islam. Journal of Social Research, 1(4), 254–260.

Frarera, A. N., Mariyati, Batubara, N. K., & Salminawati. (2022). Dasar Pengetahuan dan Kriteria Kebenaran Perspektif Barat dan Islam. JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafar Islam, 7(2), 318–337.

Hayati, I. N. (2021). Kebenaran Ilmiah Dalam Hukum. Hakam: Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(2), 70–80.

Hidayat, Y., Alfiyatun, Toyibah, E. H., Nurwahidah, I., & Ilyas, D. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(2), 52–57.

Holid, A., Mftahudin, Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2023). Filsafat Ilmu Dalam Pengembangan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 3542–3548.

Liza, N., Zurhidayati, & Ardimen. (2024). Aspek Ontologis dalam Ilmu Pengetahuan. Journal on Education, 6(4), 20252–20257.

Luthfiah, N., Salminawati, Khadna, S. F., & Ulfa, M. (2023). Filsafat dan Kriteria Kebenaran Dalam Perspektif Islam dan Barat. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Islam, 7(1), 36–54.

Magfiroh, L., Mustofa, A., & Iqbal, M. (2024). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal STIT Muhammadiyah Tempurejo-Ngawi, 3(1), 14–18.

Mahmudin, W. (2024). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Islam Raji Al-Faruqi. Asatidzuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 183–204.

Mardiyah, Afiana, I. O., & Ghani, A. (2023). Paradigma dan Esensi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 115–130.

Marisa, M. (2021). Filosofi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 44–64.

Muhibburrohman, O., Khoriroh, F., Royani, A., & Hidayat, W. (2023). Kedudukan Filsafat Sebagai Ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 151–158.

Najili, H., Supriyadi, A., & Mustafa, I. (2022). Teori Belajar dalam Alam Pikir Ali Ahmad Madkur. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 310–317.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.

Pitri, A., Ali, H., & Us, K. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Kesisteman dan Kebijakan Pemerintah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JIHHP: Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik, 2(1), 23–40.

Praja, T. S., & Muslih. (2021). Relevansi Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik Terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 2–3.

Sari, R., Elvarisna, Marsena, M., & Jamilus. (2024). Ontology, Epistimologi dan Axiologi Dalam Filsafat Ilmu Untuk Pengembangan Teori Manajemen Pendidikan Islam. IMEIJ : Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 6316–6330.

Sirojudin, D., & Ashoumi, H. (2020). Aksiologi Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 182–195.

Suminten, N. (2020). Filsafat dan pemikiran kaun milenial. In W. D. Laksanawati (Ed.), Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 1, Nomor 1).

Syafe’i, Z. (1997). Ijma Sebagai Sumber Hukum Islam (Kajian Tentang Kehujjahan Ijma’ dan Pengingkarannya). Al-Qalam, 67(13), 28–36.

Turrohma, M., & Alwis, D. A. Y. (2024). Landasan Epistemologi Ilmu dan Aplikasinya Dalam Pengembangan Ilmu Manajemen Islam. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3664–3672.

Wiranata, R. R. S., Maragustam, & Abrori, M. S. (2021). Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam. Ta’Allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.110-133

Diterbitkan
2025-03-01