Model Pembelajaran Berbasis Permainan pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Abstrak
Perkembangan kognitif pada anak usia dini sangat penting karena memberikan dasar yang kuat untuk pembelajaran di masa mendatang. Keterampilan kognitif, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kemampuan berbahasa, memungkinkan anak untuk lebih siap menghadapi tantangan akademis ketika mereka memasuki pendidikan formal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, di mana peneliti melakukan intervensi dengan menerapkan pembelajaran berbasis permainan pada kelompok percobaan. Kelompok ini kemudian dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbasis permainan mengintegrasikan elemen permainan ke dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa. Dengan menggunakan berbagai jenis permainan—fisik, papan, digital, dan simulasi—metode ini menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan aplikatif. Teori perkembangan kognitif anak, terutama dari Jean Piaget dan Lev Vygotsky, memberikan wawasan penting tentang cara anak belajar. Piaget menekankan tahap-tahap perkembangan kognitif yang dilalui anak, sementara Vygotsky menyoroti peran interaksi sosial dan konteks budaya melalui konsep Zona Perkembangan Proksimal (ZPD).
Referensi
Abduh, M. (2017). Bermain dan Regulasi Diri (Kajian Teori Vygotsky). The Second Progressive and Fun Education Seminar.
Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). IMPLIKASI TEORI KONSTRUKTIVISME VYGOTSKY DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN SUDUT PENGAMAN DI TK ANAK MANDIRI SURABAYA. Jurnal Buah Hati, 10(1). https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2024
Ardiati, L. (2021). Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget Dan Lev Vygotsky Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Institut Agam Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.220
Danoebroto, S. W. (2017). Interaksi Budaya dan Perkembangan Kemampuan Berpikir Matematis Ditinjau Dari Teori Vygotsky dan Teori Bruner. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(7).
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Etnawati, S. (2022). IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan, 22(2). https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2).
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). KONSEP DASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MENURUT JEAN PIAGET. Khazanah Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).
Latif, M. A., Munafiah, N., & Rachmawati, Y. D. (2022). MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK: SEBUAH KAJIAN FENOMENOLOGI. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988
Lucy Ardiati. (2021). Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget Dan Lev Vygotsky Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Institut Agam Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
Nina Veronica, Lia Yuliati, S. A. (2017). Perkembangan Kognitif dan Teori Belajar Socio Cultural pada Anak Usia Dini. Prosiding TEP & PDs: Transformasi Pendidikan Abad 21, 4(33).
Pamungka, M. D., Santoso, E., Rochmad, & Isnarto. (2020). Pendekatan Saintifik Dalam Perspektif Teori Belajar Vygotsky. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2).
Pitriani, H., Faslah, D., & Masitoh, I. (2023). IMPLEMENTASI TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1). https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2218
Rahmawati, F. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1). https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i1.349
Rizal, S. S., & Millah, S. (2023). KONSEP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM BUKU PERKEMBANGAN ANAK KARYA JHON W. SANTROCK. Hanief: Jurnal Pendidikan Islam.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Metode Penelitian Kualitatif.
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1).
Yanova, M. hendri, Komarudin, P., & Hadi, H. (2023). Metode Penelitian Hukum: Analisis Problematika Hukum Dengan Metode Penelitian Normatif Dan Empiris. Badamai Law Journal Magister Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 8(2).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##