PERANAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI GURU DI MTs YAPERI CIBINONG BOGOR

  • Ibadurrahman Al-Khatib University of Ibn Khaldun
  • Muhamad Aqil Ibatulloh Universitas Ibn Khaldun, Bogor
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Motivasi Guru

Abstrak

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh proses pembelajaran di sekolah dan madrasah. Kepala madrasah dan guru merupakan penggerak utama yang berperan penting dalam proses pembelajaran siswa. Kepemimpinan kepala madrasah dapat menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Peran kepemimpinan kepala madrasah bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan motivasi guru melalui pelatihan, pemberian penghargaan, dan keteladanan. Motivasi guru sangat berpengaruh pada kinerja, kualitas, dan kemampuan mereka. Kepala madrasah yang kompeten dan profesional dengan rasa tanggung jawab tinggi diperlukan untuk merealisasikan program, strategi, dan kebijakan yang lebih baik guna menjaga motivasi dan kinerja guru. Namun, masih ada sebagian guru yang kehilangan motivasi, disebabkan oleh berbagai faktor, sehingga mempengaruhi kedisiplinan dan kinerjanya. Maka dari itu, peningkatan dan kreativitas kepala madrasah dalam mengontrol semangat guru sangat diperlukan.

Referensi

Arifandi, A. S. D. (2020). Evaluasi Kinerja Guru. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 106–119.

Arrosit, A. M. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di MA Ma’arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo) [PhD Thesis, IAIN Ponorogo].

Assingkily, M. S. (2021). Pendekatan Dalam Pengkajian Islam (Cara Memahami Islam Dengan Benar, Ilmiah & Metodologis). Penerbit K-Media.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala madrasah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2).

Gunawan, I. (2015). Strategi meningkatkan kinerja guru: Apa program yang ditawarkan oleh kepala madrasah. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23, 305–312.

Haryadi, L. F., & Safinah, S. (2021). Peran Kepala madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19–27.

Juarman, J., Rahmawati, N. N., & Lestari, D. (2020). Peran Kepala madrasah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Publikasi Pendidikan, 10(2), 107–118.

Khurniawan, A. W., Hernita, H., Suharto, S., Novenda, T., Maulana, M., Ardianto, A., Setiawan, A., & Sunardi, S. (2020). Optimalisasi fasilitas SMK.

Mahyudi, A. (2024). Eksplorasi Peran Sekolah Dalam Mengajarkan Dan Mempertahankan Kemahiran Berbahasa Indonesia Di Desa. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 5668–5679.

Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala madrasah: Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Muktamar, A., Hertina, D., Ratnaningsih, R., Syaepudin, S., Syahputra, H., Hendriana, T. I., Masruroh, M., Sudalyo, R. A. T., & Nursanti, T. D. (2023). MSDM ERA MILENIAL: Pengelolaan MSDM yang Efektif untuk Generasi Milenial. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mustofa, M., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2023). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar: Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. Annizom, 8(3), 69–80.

Nikmah, N. (2023). Implementasi Literasi Agama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Rohmah, W. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan profesionalisme guru.

Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–119.

Rosyid, K. (2017). Kepemimpinan Menurut Hadits Nabi Saw [(Doctoral dissertation,]. UIN Raden Intan Lampung.

Saniyah, N. D. Z., Kholisah, T. A., Sya’adah, S. F., & Asy’ari, H. (2023). Kepengikutan Guru Terhadap Kepala madrasah dan peranan Kepala madrasah dalam memberikan motivasinya di SDN Sudimara 13. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8732–8740.

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234.

Sidik, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Dalam Bimbingan Dan Konseling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Islam Integral Luqman Al Hakim Batam. JURNAL AS-SAID, 1(2), 25–32.

Sofi’i, I. (2020). Kepemimpinan Kepala madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Penerbit Adab.

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru: The role of principal leadership in improving teacher performance. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22.

Suparmin, S., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Model Supervisi Distributif dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 143–169.

Sutrisno, A., & Sumardjoko, B. (2016). Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pada Gugus Hasanudin Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Diterbitkan
2025-03-01