IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN DI MTS PANCASILA KOTA BENGKULU
Abstrak
Pendidikan karakter Islami merupakan pilar penting dalam membentuk generasi berakhlak mulia sesuai ajaran Islam. Penelitian ini menganalisis implementasi pendidikan karakter Islami di MTs Pancasila Kota Bengkulu melalui tiga strategi utama: integrasi nilai Islami dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler berbasis agama, dan pembiasaan sikap Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendidikan karakter Islami berjalan efektif, terdapat tantangan seperti keterbatasan kompetensi guru, minimnya fasilitas, rendahnya keterlibatan orang tua, dan pengaruh teknologi negatif. Untuk mengatasi hal tersebut, madrasah mengadakan pelatihan guru, meningkatkan fasilitas, memperkuat sinergi dengan orang tua, dan mengembangkan literasi digital Islami. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan pendidikan karakter Islami di madrasah.
Referensi
Hasan, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islami. Jakarta: Pustaka Islam Nusantara.
Munir, M. (2019). Strategi Pendidikan Karakter Islami di Era Digital. Yogyakarta: Lentera Karya.
Nisa, F. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Islami di Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Rahman, A. (2021). "Tantangan dan Peluang Pendidikan Karakter Islami di Era Globalisasi." Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45-56.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). "New Technology and Digital Divide: Implications for Education." Computers & Education, 55(2), 179-190.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: SAGE Publications.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Principles of Effective Teaching and Learning with Multimedia Tools. Cambridge: Cambridge University Press.
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6.
Buckingham, D. (2007). Beyond Technology: Children’s Learning in the Age of Digital Culture. Cambridge: Polity Press.
Anderson, T. (2008). The Theory and Practice of Online Learning. Edmonton: Athabasca University Press
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##