ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU DALAM MENGAKSES SUMBER BELAJAR
Abstrak
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, menciptakan tantangan baru bagi siswa dalam mengakses dan mengevaluasi informasi. Literasi digital menjadi kunci untuk memastikan siswa tidak hanya dapat menggunakan teknologi, tetapi juga memiliki kemampuan kritis dalam memilah dan memahami informasi yang benar dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital siswa di MTs Pancasila Kota Bengkulu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa memiliki keterampilan dasar dalam mengoperasikan teknologi, mereka masih kesulitan dalam mengevaluasi informasi secara kritis, serta memilih informasi yang valid dan relevan. Faktor internal seperti minat belajar dan pengalaman teknologi, serta faktor eksternal seperti peran guru, orang tua, dan infrastruktur teknologi di sekolah berperan dalam membentuk tingkat literasi digital siswa. Penelitian ini menyarankan pengintegrasian keterampilan literasi digital dalam kurikulum dan peningkatan dukungan dari guru serta orang tua untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menggunakan teknologi.
Referensi
Anderson, C. (2008). Digital Literacy in Education: Bridging the Gap Between Technology and Curriculum. Journal of Educational Technology, 34(2), 35-50.
Buckingham, D. (2017). Digital Literacy and Critical Thinking: Educating the Digital Generation. Educational Media International, 54(3), 234-249.
Fuchs, C. (2019). The Role of Digital Literacy in the Age of Misinformation. Media Studies Journal, 22(1), 12-28.
Livingstone, S., & Helsper, E. (2018). The Challenges of Digital Literacy: Access and Skills in the Digital Era. Communication Research, 45(5), 678-690.
Livingstone, S., & Helsper, E. (2019). The Impact of Social Media Algorithms on Digital Literacy and Political Views. Information, Communication & Society, 22(7), 945-960.
Prensky, M. (2015). Digital Natives, Digital Immigrants: A New Paradigm for Education. Journal of Educational Technology, 48(4), 1-15.
Selwyn, N. (2019). The Role of Parents in Enhancing Digital Literacy in Children. British Journal of Educational Technology, 50(3), 783-795.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2020). The Role of Digital Tools in Supporting Critical Thinking and Literacy in Education. Educational Researcher, 49(5), 319-332.
Warschauer, M. (2021). Teaching with Technology: The Need for Digital Literacy Education. Journal of Computer-Assisted Learning, 37(2), 167-182
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##