EFEKTIVITAS PELAKSANAAN JAM DINIYAH DI MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas pelaksanaan jam Diniyah di MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu dalam pembentukan karakter keagamaan siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode deskriptif untuk menggali informasi mendalam terkait implementasi program jam Diniyah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan orang tua, observasi langsung terhadap pelaksanaan kegiatan, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jam Diniyah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembentukan karakter keagamaan siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan kedisiplinan beribadah, sikap hormat kepada guru, perilaku jujur, dan kepedulian sosial siswa. Keberhasilan program didukung oleh perencanaan yang matang, kompetensi guru yang mampu, dan partisipasi aktif siswa. Namun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu pelaksanaan dan kurangnya fasilitas pendukung yang optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan jam Diniyah efektif dalam membentuk karakter keagamaan siswa, meskipun masih diperlukan upaya peningkatan dari segi waktu pelaksanaan, fasilitas, dan keterlibatan orang tua. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan program pendidikan keagamaan yang lebih baik di sekolah.
Referensi
Nurhana, N. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairaat Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali (Doctoral dissertation, IAIN Palu).
Safitri, D. D. O., Arief, N. F., & Mustafida, F. (2023). Implementasi Penguatan Materi Keagamaan Melalui Program Madrasah Diniyah Takmiliyah. Intizar, 29(2).
Syahr, Z. H. A. (2016). Membentuk madrasah diniyah sebagai alternatif lembaga pendidikan elite muslim bagi masyarakat. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 47-65.
AL ALUF, S. M. W. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha Di Lembaga Pendidikan Diniyah Formal Al Fithrah Surabaya.
Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah di Kota Serang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 157-178
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##