KAJIAN FENOMENOLOGI TENTANG PENGARUH PERBAIKAN LAPANGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU
Abstrak
Motivasi belajar memainkan peran penting dalam keberhasilan pendidikan, dengan fasilitas fisik seperti lapangan olahraga yang memengaruhi motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perbaikan lapangan olahraga terhadap motivasi belajar siswa di MI Terpadu Mutiara Assyifa. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk menggali pengalaman subjektif siswa terkait perbaikan lapangan, yang melibatkan wawancara, observasi, dan jurnal reflektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan lapangan yang mencakup permukaan yang lebih rata dan fasilitas pendukung yang memadai meningkatkan kenyamanan dan rasa aman siswa. Perbaikan ini tidak hanya memengaruhi motivasi siswa dalam kegiatan olahraga, tetapi juga meningkatkan motivasi mereka dalam pembelajaran akademik. Siswa merasa lebih antusias untuk berpartisipasi dalam pembelajaran setelah perbaikan lapangan, dan mereka memberikan makna positif terhadap perubahan tersebut. Penelitian ini menegaskan bahwa fasilitas sekolah yang baik memiliki dampak signifikan terhadap motivasi belajar siswa, baik dari segi intrinsik maupun ekstrinsik, dan dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan holistik.
Referensi
Sri, M., Idi, W., dan Dewi, P. S, (2022) “Kesuksesan belajar siswa: kajian fenomenologi terhadap pengalaman konselor sekolah, orang tua dan siswa dalam mewujudkannya (studi di sma negeri 1 rejang lebong)”. Jurnal Literasiologi. 9(4). 14-26
Ninik, I., Ibadullah, M., Fida, C., dan Nurul, K., (2024) “Strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar”. Jurnal Riset dan Pendidikan. 3(1). 15-21
Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jawa Barat: PT Raja Grafindo Persada.
Supardi. (2020). Manajemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nata, A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, D.,dan Wijaya, R. (2020). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2018). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, B. (2020). Motivasi Belajar dan Strategi Pembelajarannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusnadi, I. (2017). Pendidikan Jasmani dalam Perspektif Pembelajaran Holistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahmudah, I. (2019). Psikologi Pendidikan untuk Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3), 368-378.
Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##