EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU
Abstrak
Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu bertujuan menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan hafalan siswa. Penelitian ini menganalisis efektivitas metode Tahfidz serta faktor pendukung dan penghambatnya.Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode talaqqi, tikrar, dan muroja’ah efektif dalam memperkuat hafalan. Faktor pendukung mencakup peran guru, lingkungan kondusif, serta dukungan orang tua, sedangkan kendala utama adalah keterbatasan waktu dan konsistensi siswa.Penelitian ini diharapkan membantu pendidik mengembangkan strategi Tahfidz yang lebih optimal.
Referensi
Hasan, A. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Siswa. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Naufal, R. (2023). Pendekatan Psikologis dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an: Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Insan Cendekia.
Rahman, M. (2020). Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran dalam Program Tahfidzul Qur’an. Yogyakarta: Deepublish.
Syahrul, I. (2021). Penerapan Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Tahfidzul Qur’an. Surabaya: Al-Mawardi Press.
Yusuf, H., & Amalia, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Program Tahfidzul Qur’an: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah. Malang: UIN-Maliki Press.
Zulkifli, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Komunitas dalam Program Tahfidzul Qur’an: Analisis terhadap Model Kelompok Belajar dan Mentor Sebaya. Makassar: Pustaka Islam Nusantara.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##