PERAN PLP TEMANTIK DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN DI MI PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

  • Hidayaturrahman Hidayaturrahman Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Maiya Linda Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Haili Sentari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Siti Habibatul 'Aini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Herma Herma Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: LP Temantik, pedagogik, strategi pengajaran, pengelolaan kelas, pendidikan guru

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam konteks pendidikan guru, penguasaan pedagogik menjadi elemen utama yang harus dikuasai oleh calon pendidik. Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Temantik hadir sebagai upaya memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori pendidikan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana PLP Temantik berkontribusi dalam membentuk kemampuan pedagogik mahasiswa, khususnya dalam penerapan teori ke dalam praktik, pengembangan strategi pengajaran, serta pengelolaan kelas yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, serta studi dokumentasi di MI Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLP Temantik memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan keterampilan pedagogik mahasiswa. Mahasiswa mampu mengimplementasikan teori ke dalam praktik pembelajaran, mengembangkan strategi pengajaran berbasis teknologi dan interaktif, serta mengelola kelas dengan lebih baik. Selain itu, pengalaman langsung dalam lingkungan sekolah juga memperkaya pemahaman mahasiswa tentang dinamika sosial dan budaya yang mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan model pendidikan guru yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas calon pendidik.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2018). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Dewey, J. (2016). Experience and Education. Free Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Noddings, N. (2020). Caring: A Relational Approach to Ethics and Moral Education. University of California Press.

Shulman, L. S. (2021). The Wisdom of Practice: Essays on Teaching, Learning, and Learning to Teach. Jossey-Bass.

Vygotsky, L. S. (2019). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). "New Technology and Digital Worlds: Analyzing Evidence of Equity in Access, Use, and Outcomes." Review of Research in Education, 34(1), 179-225

Diterbitkan
2025-03-07