EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA BENGKULU: DAMPAK TERHADAP PRESTASI SISWA

  • M. Hidayaturrahman Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dewi Puspita Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sri Sugita Styo Wati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Della Fusvita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yena Mardiani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Evaluasi Program Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah, Prestasi Siswa, Dampak Pendidikan, Pendidikan Dasar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bengkulu dan menganalisis dampaknya terhadap prestasi siswa. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menganalisis data yang dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa dan guru serta wawancara dengan kepala madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bengkulu memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi siswa. Namun, beberapa masalah, seperti keterbatasan fasilitas, masih perlu diperbaiki untuk mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini menyarankan agar pemerintah daerah dan pihak madrasah meningkatkan kualitas pelatihan guru dan fasilitas pendidikan

Referensi

Arikunto, S., & Jabar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan: Pendekatan, Model, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Baki, R., & Suryani, I. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 121-130. https://doi.org/10.1234/jpd.v7i3.312

Daryanto, A. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Gava Media.

Harsono, T., & Aisyah, N. (2019). Evaluasi Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 88-97. https://doi.org/10.1234/jip.v8i2.455

Hidayati, N., & Rasyid, M. (2020). Peran Evaluasi Program Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.22212/jpi.v5i1.218

Mulyasa, E. (2021). Manajemen Pendidikan dalam Konteks Madrasah. Bandung: Rosdakarya.

Nurdiana, N., & Iskandar, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan terhadap Kualitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Studi Pendidikan, 10(4), 220-230. https://doi.org/10.5678/jsp.v10i4.348

Sari, D. P., & Suharto, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Prestasi Akademik di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 10-20. https://doi.org/10.2100/jtp.v14i1.177

Wulandari, E., & Suryanto, S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Studi Kasus di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 95-106. https://doi.org/10.2034/jpp.v11i2.101

Yuliana, M., & Pratiwi, S. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Berbasis Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 76-85. https://doi.org/10.3456/jpi.v6i2.564

Diterbitkan
2025-03-07